Mengenal Backhoe Mesin Konstruksi yang Multifungsi

Pada artikel kali ini kita akan coba membahas dan mengetahui lebih dalam tentang backhoe, yaa nama backhoe ini pasti sudah sering garuda crew dengar bukan? Alat yang sudah cukup familiar ini memang sudah sering kita dengar dan kita lihat ketika pengoperasiaanya. Dalam dunia konstruksi dan proyek-proyek berat, mesin konstruksi memiliki peran yang sangat penting dalam memudahkan pekerjaan dan meningkatkan efisiensi. Backhoe adalah jenis alat berat yang serbaguna dan dalam artikel ini, kita akan mengetahui definisi dari backhoe, Fungsi,  Komponen, serta aplikasi umum dari mesin ini. Simak terus penjelasannya ya Garuda Crew!!!

Apa Yang Dimaksud Dengan Backhoe?

Backhoe merupakan suatu alat berat yang terdiri dari susunan Hoe (pengeruk) dibelakang sebagai loader dan bucket depan sebagai sekop. Backhoe digunakan untuk melakukan penggalian, menggunakan cangkul dan bucket di bagian belakang  alat berat  untuk melakukan tugas seperti pembongkaran dan pengangkatan material. Dengan fungsi ganda, roda depan lebih kecil dan mudah digerakkan dibandingkan roda belakang, serta roda belakang  ditopang oleh outrigger sehingga membuat perangkat stabil saat bekerja mengoperasikan shovel.

Apa Saja Fungsi dari Backhoe?

Backhoe memiliki beberapa fungsi utama yaitu:

1. Pekerjaan untuk penggalian

Backhoe sangat efektif untuk tugas penggalian seperti menggali lubang, parit, dan pondasi. Backhoe bergerak secara presisi tinggi memungkinkan operator melakukan penggalian secara akurat dan efisien.

2. Pemuatan material

Loader di bagian depan memungkinkan backhoe untuk memuat dan mengangkut material dengan mudah. Hal ini membuat alat ini sangat berguna dalam pemindahan material di area konstruksi atau pertanian.

3. Meratakan dan membentuk

Bagian belakang backhoe, yang terdiri dari lengan (boom) dan tangkai (stick), dapat digunakan untuk meratakan dan membentuk area yang telah digali. Ini berguna dalam membuat permukaan yang rata atau membentuk tanah sesuai dengan kebutuhan proyek.

4. Fleksibilitas

Keunggulan backhoe adalah kemampuannya untuk melakukan berbagai tugas dengan satu alat. Dalam satu unit alat berat, operator mendapatkan kombinasi antara alat penggali dan pengisi, sehingga tidak perlu menggunakan dua alat berat terpisah.

5. Pemuatan

Jika backhoe dilengkapi dengan attachment loader di bagian depan, mesin ini dapat digunakan untuk memuat material ke dalam truk atau wadah lainnya. Ini membuatnya berguna dalam pekerjaan pemuatan di lokasi konstruksi.

Apa Saja Komponen Dari Backhoe?

Berikut ini adalah Komponen dari Backhoe:

1. Bucket

Bucket adalah bagian di ujung stick yang digunakan untuk menggali tanah, pasir, kerikil, atau material lainnya dari permukaan tanah. Bucket dapat memiliki berbagai ukuran dan bentuk sesuai dengan kebutuhan proyek.

2. Boom

Boom dan stick yang fleksibel memungkinkan backhoe untuk mencapai area yang sulit dijangkau dan memastikan presisi dalam operasi penggalian dan pemindahan material.

3. Cabin

Kabin adalah ruang operator yang dilengkapi dengan kursi, kontrol, dan panel instrumen. Operator mengendalikan backhoe dari kabin untuk menjalankan berbagai fungsi.

4. Hidrolik Cylinders

Silinder hidrolik digunakan untuk menggerakkan berbagai bagian dari backhoe, termasuk boom, stick, dan bucket. Mereka memberikan kekuatan hidrolik yang diperlukan untuk berbagai operasi.

5. Hydrolik Pump

Pompa hidrolik memompa cairan hidrolik ke silinder hidrolik untuk menggerakkan komponen-komponen backhoe. Ini adalah komponen kunci yang mendukung fungsi hidrolik pada mesin

6. Swing System

Sistem putar memungkinkan backhoe untuk berputar 360 derajat, memberikan fleksibilitas dalam mencapai area kerja di sekitarnya.

7. Tire/crawler

Ban atau trek digunakan untuk memberikan mobilitas kepada backhoe, tergantung pada modelnya. Ban umumnya digunakan pada backhoe yang bergerak di permukaan yang lebih keras, sedangkan trek digunakan untuk meningkatkan daya tarik di medan yang lebih tidak rata.

8. Engine

Mesin adalah komponen utama yang memberikan daya untuk menggerakkan seluruh backhoe. Mesin ini biasanya berbahan bakar diesel dan memberikan daya ke sistem hidrolik dan mekanis.

9. Stabilizer

Stabilizers atau penstabil adalah kaki-kaki pendukung yang dapat diatur untuk meningkatkan stabilitas backhoe selama operasi. Mereka ditempatkan di sisi belakang dan/atau sisi depan mesin.

10. Loader

Berfungsi untuk mendorong material berupa tanah, kerikil, pasir dll

11. Stick

Stick atau tangkai adalah bagian yang terhubung ke ujung boom dan dapat diatur untuk memperpanjang atau mempersingkat. Stick ini membawa bucket dan attachment lainnya ke area kerja.

Dimana Letak Penggunaan Dari Backhoe?

1. Konstruksi bangunan

Backhoe digunakan untuk menggali fondasi, membuat parit untuk pipa dan kabel, dan untuk berbagai tugas penggalian dan pergerakan material di lokasi konstruksi.

2. Pemeliharaan Infrastruktur

Backhoe digunakan untuk memperbaiki dan memelihara jalan, jembatan, saluran air, dan infrastruktur lainnya. Hal ini mencakup pekerjaan penggalian untuk perbaikan pipa ledeng, pemasangan pipa, dan pekerjaan pemeliharaan struktur lainnya.

3. Pekerjaan Pertanian

Di bidang pertanian, backhoe dapat digunakan untuk membuat saluran irigasi, membuka lahan, dan memindahkan material di area pertanian.

4. Proyek Teknik Sipil

Backhoe sering digunakan untuk berbagai proyek teknik sipil, seperti menggali kanal, meratakan tanah, dan membentuk area untuk tujuan tertentu.

5. Berkebun dan Pertamanan

Berkebun dan pertamanan dapat menggunakan Backhoe untuk menggali lubang tanaman, membuat celah air, dan membuat model lanskap.

6. Pekerjaan Kelestarian Lingkungan  

Backhoe dapat digunakan untuk  proyek kelestarian lingkungan seperti: Penggalian untuk pembuangan limbah, perbaikan aliran air, atau perlindungan ekosistem alam.

7. Pekerjaan Kabel dan Pipa

Backhoe digunakan untuk menggali lubang dan membuat parit untuk pemasangan kabel listrik atau pipa air dan saluran gas.

8. Proyek Konstruksi Umum:

Backhoe dapat digunakan dalam berbagai proyek konstruksi umum, termasuk pembangunan jalan, pekerjaan drainase, dan pemindahan material di lokasi konstruksi besar.

Referensi

https://www.buildwitt.com/learning-hub/dirt-101/what-is-a-backhoe (definisi)

https://arparts.id/fungsi-backhoe-loader-dan-cara-kerja-backhoe/ (Kegunaan)

https://www.suryametalindo.id/post/backhoe-loader-adalah (Komponen)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *