Memastikan Keselamatan dalam Pengoperasian Mobile Crane: Mengenal Safety Devices di Mobile Crane

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa itu safety devices pada mobile crane. Jika pada arikel sebelumnya kita sudah membahas safety devices pada gondola, tower crane dan forklift. Pada artikel ini kita akan membahas tentang safety device pada mobile crane mulai dari definisi safety devices, kegunaan, apa saja safey devices pada mobile crane . Simak terus artikel kali ini yaa Garuda Crew!!!!!

Apa Yang Dimaksud Dengan Safety Devices?

Pada saat Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut direncanakan /  didesign pabrik pembuat telah pula merencanakan Safety Device  sebagai faktor dominan dalam rangka usaha untuk memperkecil /  mencegah terjadinya kecelakaan. Peralatan keselamatan mobile crane mengacu pada berbagai mekanisme, sistem, atau fitur yang terpasang pada crane untuk meningkatkan keselamatan selama pengoperasian crane. Perangkat ini dirancang untuk mencegah kecelakaan, melindungi personel, dan memastikan derek berfungsi dengan baik.

Apa Kegunaan Dari Pada Safety Devices?

Safety Devices merupakan perlengkapan yang mempunyai peranan penting dalam menjaga keselamatan.Seperti namanya, safety devices adalah suatu alat pengaman yang digunakan untuk melindungi pekerja yang menggunakan alat berat tersebut dan semua orang yang berada di lingkungan sekitar, menjaga keamanan engine serta operator yang mengoperasikannya. Sistem Safety Divice merupakan sistem yang digunakan untuk mematikan engine ketika engine tidak bekerja sesuai dengan seharusnya. Seperti yang sudah tercantum pada Permenaker no 8 tahun 2020, peraturan ini memberikan panduan komprehensif mengenai kesehatan dan keselamatan kerja pada pesawat angkat dan pesawat angkut.

Apa Saja Safety Devices Pada Mobile Crane?

Dasar pemakaian dari safety devices adalalah SAE (Society of Auto Motive Engineering), ANSI (American National Standart Institute), BS (British Standart Institute), API (American Petroleum Institute), DIN (Dutch Institute For Normug). Berikut ini adalah safety device pada Mobile Crane beserta fungsinya:

a. Name Plate

Name Plate merupakan suatu benda yang memberikan identifikasi berupa nama produk, nomor mesin, nomor seri, tanggal pembuatan, dan informasi penting lainnya. Peran utamanya adalah untuk menginformasikan pelanggan tentang produk. Name Plate mengidentifikasi dan memberikan informasi dan biasanya berbentuk persegi dan tidak terlalu besar.

b. Load Chart

Load chart adalah alat yang sangat berguna dalam mendukung dan memantau kinerja mobile crane dan  beban yang dibawanya. Operator dan rigger harus mempertimbangkan berat barang bawaan pada saat memindahkan atau mengangkatnya. Jangan memuat beban melebihi  kapasitas dari pada mobile crane.

c. Boom Angle

Perlengkapan pada sebuah keran angkat yang akan menunjukkan besarnya sudut antara boom dengan garis horizontal pada berbagai posisi boom secara otomatis. Atau dengan kata lain fungsi dari pada angle boom adalah sebagai pembaca sudut kemirigan dari pada boom dengan dengan mengangkat beban tertentu.

d. Load Moment Indicator

Load Moment Indcator crane adalah perangkat keselamatan yang mengukur dan memantau berat dan sudut boom mobile crane. Alat ini menghitung momen beban pada mobile crane berdasarkan sudut boom, panjang, dan berat beban, memberikan data real-time dan peringatan kepada operator  ketika mobile crane mendekati batas bebannya. LMI terdiri dari 3 sensor yang akan membantu memberi sinyal kepada operator dan mengkalkulasikan nya, setelah itu diteruskan dengan memberi sinyal kepada operator. Sensor tersebut adalah Load cells yang berfungsi sebagai penghitung beban, sensor sudut boom untuk mengetahui kemiringan boom dan sensor jarak yang membaca berapa jarak dari titik angkat ke pusat gravitasi beban. Berikut ini adalah contoh gambar dari LMI

e. Boom Length Sensor Indicator

Komponen yang digunakan untuk memantau dan mengukur panjang boom (lengan utama) dari mobile crane. Sensor ini sangat membantu operator dalam memantau dan mengendalikan posisi boom crane selama pengerjaan dan terhubung dengan load moment indicator (LMI) sebagai sensor panjang boom crane.

f. Anemometer

Anemometer dirancang untuk mengukur kecepatan angin di lingkungan pengoperasian moile crane. Informasi ini penting untuk menilai apakah kondisi angin saat ini berada dalam batas aman pengoperasian mobile crane.

g. Safety latch

Safety latch adalah salah satu komponen safety devices yang digunakan pada komponen crane, fungsi dari safety latch adalah untuk mengunci wire rope atau alat bantu angkat dan angkut yang digunakan ketika pengankatan agar tidak terlepas keluar dari dalam hook.

h. Anti Two Block

Anti two blok adalah komponen penting yang digunakan pada mobile crane, fungsinya hampir sama dengan hoisting limt switch dimana berfungsi sebagai pembatas pengangkatan agar beban yang diangkat tidak terlalu tinggi dan tidak melebih batas angkat yang normal.

i. Hydraulik Pressure Load Cell

Berfungsi untuk mendeteksi tekanan atau berat sebuah beban yang akan diangkat oleh mobile crane. Karena beban yang berlebih dapat menyebabkan crane akan mengalami kecelakaan pada saat pengoperasian.

j. Slew Limitters

Slew limiter pada mobile crane berfungsi untuk membatasi atau mengontrol gerakan rotasi atau putaran crane. Gerakan rotasi ini terjadi saat crane berputar atau memutar struktur utama (upperworks) terhadap struktur bawah (lowerworks) untuk mengarahkan hook atau beban ke lokasi yang diinginkan.

k. Emergency stop

Berfungsi untuk memberhentikan sistem pada mobile crane secara keseluruhan dan mendadak kerika terjadi ssuatu yang tidak diinginkan atau keadaan darurat pada saat pengerjaan berlangsung.

Referensi

Materi ajar PAPA 2023 ( Definisi)

https://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/sntm/article/download/2205/1260 (Kegunaan)

https://www.hescocrane.com/compliance (safety device)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *