PELATIHAN P3K

SERTIFIKAT

  • Sertifikat Pelatihan PK3 dari KEMNAKER RI
  • Sertifikat Pelatihan PK3 dari Garuda QHSE

PERSYARATAN PESERTA

  • Ijazah (Minimal Pendidikan SLTA)
  • Kartu Identitas (KTP/SIM)
  • Pas Photo Background Merah
  • SK Kerja (Bagi Utusan Perusahaan)
  • Memiliki Laptop untuk Ujian

*Tata Cara Pendaftaran

Investasi / Biaya Pelatihan P3K

KategoriBiaya Blended Training
PersonalRp. 3.500.000,-

Jadwal Pelatihan P3K

SkemaTempat PelatihanJadwal Pelatihan
OfflineTraining Centre Garuda QHSE Institution22 – 24 November 2022

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat Ahli Petugas P3K dari KEMNAKER RI
  • E-Certificate dan Surat Keterangan dari PT. Garuda Systrain Interindo
  • Softcopy Regulasi K3 dan materi pelatihan
  • Training Kit (Goodie Bag, Notes, Bulpen, tumblr)
  • Hardcopy dan Softcopy Modul Pelatihan
  • Kemeja Safety Eksklusif dan Souvenir

Fasilitas Alumni

  • Ikatan Alumni Garuda QHSE Institution Se-Indonesia (Akses Grup Alumni dengan Info Loker Rutin)
  • Diskon Alumni 5-10% untuk seluruh pelatihan di Garuda QHSE Institution

Syarat Online Training

  • Memiliki Laptop/PC yang dapat mengoperasikan aplikasi zoom
  • Memiliki akun email google
  • Memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengoperasikan zoom meeting
  • Menginstal aplikasi time stamp dan google class room
  • Mengikuti pelatihan selama total 3 hari ;1 hari full on-cam pada zoom meeting

Durasi

  • Total : 3 (tiga) Hari Pelatihan (jadwal menyesuaikan)
  • 2 hari Pelatihan
  • 1 Pemberian Assessmen

Latar Belakang

Tahukah kamu sepanjang tahun 2020 terdapat 153,044 ribu kecelakaan kerja. Artinya per-hari terdapat 419 kecelakaan terjadi di lingkungan kerja. Bayangkan jika kejadian tersebut dapat langsung ditangani?

Petugas P3K wajib ada pada proyek dengan rasio 100-150 pekerja.

P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di tempat kerja, telah diatur dalam Permenaker No:PER.15/MEN/VIII/2008 yang selanjutnya disebut dengan P3K di tempat kerja, adalah upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja, buruh dan atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera.

Penerapan K3 adalah hak dasar perlindungan bagi tenaga kerja. Setiap pekerja wajib mendapat perlindungan dari resiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang dapat terjadi.

Dengan diselenggarakannya Pelatihan Petugas P3K diharapkan adanya peningkatan pemahaman dalam melakukan tindakan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) sehingga tingkat kecelakaan kerja yang menyebabkan penderita mengalami penurunan kualitas kerja untuk sementara waktu ataupun terjadinya cacat permanen dapat dikurangi.
*Tata Cara Pendaftaran

Tujuan

  • Memahami tentang penanganan pertolongan pertama
  • Meningkatkan Kinerja dan Keselamatan dalam Perusahaan
  • Menambah Wawasan mengenai K3
  • Mengetahui tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk menangani kecelakaan kerja
  • Mengetahui cara menggunakan dan cara kerja penggunaan peralatan P3K pada korban kecelakaan

Instruktur

Intruktur yang akan memberikan Pelatihan P3K ini adalah Instruktur yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya yang sudah sering memberikan materi dalam setiap penyelenggaraan training Ahli Petugas P3K.

*Tata Cara Pendaftaran

Materi

  • Peraturan perudangan yang berkaitan dengan Pertolongan Pertama Pada kecelakaan (P3K)
  • Dasar – dasar Kesehatan Kerja
  • Dasar – dasar Pertolongan Pertama Pada kecelakaan (P3K)
  • Anatomi dan Faal tubuh manusia
  • Pedoman Penyediaan Fasilitas P3K
  • Bahaya dan Penanganan terhadap sengatan panas, keracunan, paparan bahan kimia, kejang
  • Gangguan lokal (luka, perdarahan, luka bakar, patah tulang) dan tindakan pertolongannya
  • Gangguan Kesadaran dan tindakan pertolongannya
  • Gangguan Pernafasan dan tindakan pertolongannya
  • Gangguan peredaran darah dan tindakan pertolongannya
  • Resusitasi jantung paru
  • Evakuasi korban (Prosedur dan Para pengangkutan korban)
  • P3K pada keadaan tertentu (P3K pada kecelakaan diruang tertutup/terbatas dan P3K sengatan listrik)
  • Praktek

Tata Cara Pendaftaran

  • Mengisi Form Online Pendaftaran Pelatihan P3K, Batas Pendaftaran H-10 Sebelum Pelaksanaan atau menyesuaikan kuota pelaksanaan (Maksimal 30 Peserta/Kelas)
  • Setelah mengisi form online peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran dari kami terkait detail info pembayaran.
  • Mengirimkan Bukti Pembayaran / Purchase Order melalui e-mail [email protected] dan Whatsapp 0811 117 221, Batas Akhir: 5 Hari Sebelum Pelaksanaan
  • Persiapkan data pribadi (copy ijasah, copy ktp, pas foto, surat rekomendasi perusahaan, pakta integritas, dst)
  • Melakukan Pembayaran di rekening (Bank Syariah Indonesia) 7863605480 a.n Garuda Systrain Interindo PT.
  • Mengirimkan data persyaratan dan bukti pembayaran melalui email [email protected]
  • Kami akan memverifikasi berkas dan akan menghubungi peserta apabila ada yang kurang
  • Untuk Online Class : Paket buku dan training kit akan kami siapkan untuk peserta ambil di kantor PT Garuda Systrain Interindo, Training Kit juga dapat dikirim by Sicepat dengan Ongkos Kirim Ditanggung Peserta untuk peserta kategori personal.
  • Untuk Offline Class : Training Kit akan diserahkan di lokasi pelatihan pada hari H Pelatihan
  • Peserta akan kami invite grup pada H-5 kegiatan untuk koordinasi lebih cepat.
  • Briefing pelaksanaan kegiatan dilakukan pada H-3 kegiatan, briefing ini bersifat wajib agar peserta mengetahui teknis pelaksanaan kegiatan dan penggunaan aplikasi online training maupun tata tertib offline training.