PELATIHAN INCIDENT INVESTIGATION

SERTIFIKAT

  • Sertifikasi Accident Investigation BNSP
  • Sertifikat & SKL dari Garuda – QHSE Institution

PERSYARATAN PESERTA

  • Minimum Pendidikan adalah SLTA, D3, S1 dan S2 dengan pengalaman kerja [SLTA (5th); D3 (3th); S1 – S3 (2th)]
  • Telah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi atau pembelajaran lain yang setara
  • Pernah mendapat bimbingan / up skilling / penugasan sebagai Insiden Investigator
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas Foto (Background Merah)
  • Fotocopy / Scan Ijazah 
  • Surat Keterangan Kerja (Jika Utusan Perusahaan)

*Tata Cara Pendaftaran

Investasi / Biaya Pelatihan Incident Investigation

KategoriBiaya Online Training
PersonalRp. 2.500.000,-

Jadwal Pelatihan Incident Investigation

SkemaJadwal Pelatihan
Online22, 23 dan 25 November 2022

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikasi Incident Investigation BNSP
  • Training Kit (Goodie Bag, Notes, Bulpen)
  • Softcopy Modul Pelatihan
  • Kartu Alumni Garuda QHSE Institution (E-Money)

Fasilitas Alumni

  • Ikatan Alumni Garuda QHSE Institution Se-Indonesia (Akses Grup Alumni dengan Info Loker Rutin)
  • Diskon Alumni 5-10% untuk seluruh pelatihan di Garuda QHSE Institution

Syarat Online Training

  • Memiliki Laptop/PC yang dapat mengoperasikan aplikasi zoom
  • Memiliki akun email google
  • Memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengoperasikan zoom meeting
  • Menginstal aplikasi time stamp dan google class room
  • Mengikuti pelatihan selama 3 hari full on-cam pada zoom meeting

Durasi

  • Total : 4 Hari Pelatihan (25, 26 Oktober & 2 November 2022 atau jadwal menyesuaikan)

Latar Belakang

Kecelakaan di tempat kerja merupakan hal yang tidak bisa di hindari, kecelakaan dapat terjadi di manapun dan kapanpun. Terjadinya kecelakaan juga mengakibatkan berbagai jenis kerugian, baik itu materiil, citra perusahaan dan personil pekerja. Masih banyak yang menganggap keselamatan dalam lingkup kerja bukanlah hal yang wajib dan krusial, padahal kecelakaan banyak terjadi justru di lingkungan kerja. 

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, perusahaan perlu mengadakakan analisa pada setiap kecelakaan yang terjadi dan langsung mengambil tindakan perbaikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan serupa di kemudian hari. Kemampuan untuk melakukan analisa hanya dapat dilakukan seorang ahli yang memiliki seritifikasi kompetensi di bidang K3. Hal ini mengacu pada SKKNI K3 Nomor KEP.42/MEN/III/2008 dan SKKNI No. KEP.248/MEN/V/2007.

*Tata Cara Pendaftaran

Manfaat

Manfaat dari pelatihan Incident Investigation oleh BNSP tentunya untuk mempersiapkan Anda dengan training Investigasi Kecelakaan yang komprehensif. Memiliki sertifikasi Accident Investigation juga membantu anda untuk meningkatkan skill dan menambah value diri sebagai seorang pekerja. Jika anda dilengkapi dengan sertifikasi resmi, akan lebih mudah untuk Anda mendapatkan promosi, meningkatkan pendapatan serta bersaing dengan personil lainnya. 

Dengan begitu, investasi yang anda keluarkan untuk sertifikasi ini merupakan keputusan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Tujuan

Tujuan dilaksanakan sertifikasi Incident Investigation adalah yaitu untuk mempersiapkan personil yang berkompeten untuk: 

  • Mampu menganalisa kecelakaan yang terjadi 
  • Mampu membuat program yang membantu meminimalisir kecelakaan atau kemungkinan dampak dan akibat dari kecelakaan yang pernah terjadi 
  • Mampu memahami perihal terkait sebab dan akibat kecelakaan
  • Mampu mengidentifikasi langkah-langkah saat menganalisa kecelakaan
  • Mampus memberikan penyuluhan terkait pentingnya menjaga keselamatan dan cara mencegahnya

Instruktur

Instruktur yang akan memberikan Pelatihan Incident Investigation ini adalah instruktur Senior dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan Instruktur yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya yang sudah sering memberikan materi dalam setiap penyelenggaraan pelatihan Accident Investigation.

*Tata Cara Pendaftaran

Kompetensi

  • Melakukan dentifikasi bahaya dan risiko K3
  • Menganalisis dan mengevaluasi risiko K3
  • Partisipasi dalam penyelidikan Incident / Kecelakaan
  • Mengembangkan analisa informasi dan data K3, dan proses pelaporan serta dokumentasi

Materi

  • Studi Kasus Kecelakaan
  • Investigasi kecelakaan, mengapa investigasi, peran dan tanggung jawab, teknik investigasi, dan sistem pelaporan
  • Konsep Kecelakaan, termasuk teori kecelakaan, jenis insiden, dampak kecelakaan, hubungan antara bahaya dan risiko, konsep energi dan pencegahan kecelakaan
  • Sistem Pelaporan Kecelakaan
  • Model Penyebab Kerugian dari Frank Birds, termasuk Teori Domino, proses Pengendalian Kehilangan, Pra Kontak, Kontak, Pra Kontak, konsep IEDIM dan ISMEC

Tata Cara Pendaftaran

  • Mengisi Form Online Pendaftaran Accident Investigation. Batas Pendaftaran H-10 Sebelum Pelaksanaan atau menyesuaikan kuota pelaksanaan (Maksimal 30 Peserta/Kelas)
  • Setelah mengisi form online peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran dari kami terkait detail info pembayaran.
  • Mengirimkan Bukti Pembayaran / Purchase Order melalui e-mail [email protected] dan Whatsapp 0811 117 221, Batas Akhir: 5 Hari Sebelum Pelaksanaan
  • Persiapkan data pribadi (copy ijazah, copy ktp, pas foto, surat rekomendasi perusahaan, pakta integritas, dst)
  • Melakukan Pembayaran di rekening (Bank Syariah Indonesia) 7863605480 a.n Garuda Systrain Interindo PT.
  • Mengirimkan data persyaratan dan bukti pembayaran melalui email [email protected]
  • Kami akan memverifikasi berkas dan akan menghubungi peserta apabila ada yang kurang
  • Untuk Online Class : Paket buku dan training kit akan kami siapkan untuk peserta ambil di kantor PT Garuda Systrain Interindo, Training Kit juga dapat dikirim by Sicepat dengan Ongkos Kirim Ditanggung Peserta untuk peserta kategori personal.
  • Untuk Offline Class : Training Kit akan diserahkan di lokasi pelatihan pada hari H Pelatihan
  • Peserta akan kami invite grup pada H-5 kegiatan untuk koordinasi lebih cepat.
  • Briefing pelaksanaan kegiatan dilakukan pada H-3 kegiatan, briefing ini bersifat wajib agar peserta mengetahui teknis pelaksanaan kegiatan dan penggunaan aplikasi online training maupun tata tertib offline training.