Menjaga Performa Optimal dengan Memperhatikan Pentingnya Maintenance Pada Alat Berat

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pentingnya maintenance pada alat berat. Alat berat seperti excavator, buldoser, grader, dan crane, memainkan peran kunci dalam industri konstruksi dan pertambangan. Untuk memastikan operasional yang lancar dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan, maintenance alat berat menjadi langkah kritis dalam manajemen aset. Dalam artikel ini, kita akan membahas betapa pentingnya maintenance pada alat berat mulai dari definisi, jenis – jenis maintenance, betapa pentingnya maintenancedan bagaimana penerapannya. Mau tau bagaimana penjelasannya? Simak terus artikel di bawah ini yaa Garuda Crew !!!!!.

Apa Itu Maintenance?

Pemeliharaan atau yang dikenal sebagai pemeliharaan teknis adalah serangkaian proses dan praktik yang bertujuan untuk memastikan pengoperasian mesin, peralatan dan jenis aset lainnya yang bertujuan untuk mencapai efisiensi yang biasanya digunakan dalam pekerjaan. Pemeliharaan harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mencapai keberhasilan kinerja dan umur panjang mesin, aset, fasilitas, dan seluruh peralatan yang digunakan dalam proses pengerjaan.

Apa Saja Jenis – Jenis Maintenance?

Berikut ini adalah jenis – jenis dari maintenance:

1. Preventive Maintenance

Perawatan ini dilakukan sebagai pencegahan sebelum alat atau mesin yang digunakan mengalami kerusakan. Keuntungan melakukan perawatan ini adalah mendeteksi lebih awal sebelum terjadinya kegagalan operasi yang lebih parah, menjamin keselamatan bagi pekerja, umur pakai mesin menjadi lebih panjang, downtime proses pada mesin dapat di perendah.

2. Breakdown Maintenance

Brakdown maintenance adalah perawatan yang dilakukan setelah mesin atau peralatan mengalami kerusakkan kemudian mesin tersebut dilakukan perbaikkan sehingga dapat beroperasi kembali dengan semestinya.

3. Schedule Maintenance

Schedule Maintenance adalah perawatan yang dilakukan guna mencegah terjadinya kerusakan dan perawatannya dilakukan secara periodik sesuai dengan jadwal yang sudah dijadwalkan dalam batas waktu tertentu

4. Predictive Maintenance

Metode perawatan atau pemeliharaan yang menggunakan anlisis data dan teknologi yang sudah berkembang untuk memprediksi kemungkinan kerusakan atau kegagalan mesin dan peralatan. Dalam predictive maintenance, sensor-sensor dipasang pada peralatan yang diawasi dan data yang dikumpulkan secara terus-menerus sehingga dapat mengidentifikasi pola yang menunjukkan kondisi mesin yang memburuk.

5. Corrective Maintenance

Corrective maintenance ini adalah suatu perawatan atau suatu tindakkan yang bertujuan untk memperbaiki alat atau aset di tempat kerja. Hal ini bisa di lakukan jika dilihat ketika alat yang digunakan sudah tidak berjalan sesuai dengan fungsinya atau telah terjadi kerusakkan dalam skala kecil.

Apakah Maintenance itu Penting untuk Dilakukan?

Maintenance sangat penting untuk dilakukan oleh para mekanik atau teknisi sebelum terjadi nya hal – hal yang tidak diinginkan pada saat alat beroperasi. Berikut ini adalah beberapa penjabaran dari pentingnya melakukan maintenance:

1. Keamanan

Keamanan adalah factor utama yang harus diperhatikan dalam sebuah pekerjaan, jadi pentingnya maintenance adalah untuk menciptakan keamanan pengoperasian untuk para pekerja yang mengoperasikan dan yang terlibat di dalam pengerjaan suatu pekerjaan.

2. Menghasilkan Performa yang opimal

Pentingnya maintenance yang kedua adalah untuk mengoptimalkan performa yang dihasilkan oleh mesin yang akan di operasikan. Dalam pengerjaan pertambangan dll diperlukan tenaga mesin yang Fit untuk menghasilkan daya yang optimal untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Operator akan memeriksa dan merasakan apakah alat atau mesin yang digunakan mengalami gangguan atau tidak, mesin yang digunakan optimal atau tidak dan barulah operator tersebut akan melaporkan ke teknisi bahwa ada temuan yang terjadi pada mesin atau alat yang digunakan dan teknisi akan langsung memeriksa temuan tersebut sesuai dengan SOP dan data sheet yang berlaku.

3. Pengendalian Biaya

Perbaikan besar akibat ketidaksempurnaan maintenance dapat menjadi mahal, maka dari itu pentingnya pemeliharaan berkala adalah untuk mencegah terjadiya pembengkakkan baiaya akibat rusaknya suatu mesin atau alat. Pemeliharaan preventif dapat mengurangi biaya jangka panjang dengan mencegah kerusakan yang lebih serius.

  • Massa pakai peralatan
  • Maintenance yang baik dapat memperpanjang masa pakai alat berat, mengoptimalkan investasi aset.
  • Perawatan yang teratur dapat memperpanjang umur mesin dan komponen.

Bagaimana Penerapan Maintenance?

Berikut ini adalah cara dalam menerapkan maintenance yang baik:

  1. Jadwalkan kapan pemeliharaan rutin dilakukan
  2. Menyusun jadwal pemeliharaan rutin untuk pemeriksaan visual, penggantian suku cadang yang aus, dan pengecekan umum.
  3. Menerapkan jadwal yang ketat dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah sebelum menjadi serius.
  4. Memberikan Pelatihan operator
  5. Memberikan pelatihan kepada operator untuk melakukan pemeriksaan pramaintenance sederhana sehari-hari.
  6. Operator yang terlatih dapat membantu mendeteksi masalah awal dan mengurangi beban pekerjaan tim maintenance.
  7. Pemantauan berkala
  8. Menggunakan teknologi pemantauan terkini untuk melacak kondisi alat berat secara real-time.
  9. Pemantauan berbasis sensor dapat memberikan informasi presisi mengenai kinerja mesin dan komponen
  10. Pemeliharaan preventif
  11. Menerapkan pemeliharaan preventif untuk mengganti suku cadang yang aus sebelum mencapai batas usia pakai.
  12. Pemeliharaan preventif dapat menghindari kegagalan mesin yang tiba-tiba dan mengurangi downtime.
  13. Catatan Pemeliharaan
  14. Membuat catatan pemeliharaan yang rinci untuk setiap alat berat.
  15. Catatan ini dapat membantu dalam perencanaan pemeliharaan jangka panjang dan melacak sejarah perbaikan.

Kesimpulan

Maintenance alat berat bukan hanya tugas rutin tetapi juga investasi jangka panjang untuk kelangsungan operasional dan keberlanjutan dalam pengerjaan. Dengan menerapkan Metode terbaik, menggunakan teknologi pemantauan dan melibatkan operator dalam upaya pemeliharaan, perusahaan dapat memastikan bahwa alat berat mereka tetap beroperasi pada level performa optimal, selain itu efek dari rutin menerapkan maintenance yang baik adalah untuk mengoptimalkan keamanan dan efisiensi dalam lingkungan pekerjaan.

Sumber

https://safetyculture.com/topics/maintenance/ (definisi)

https://toolsense.io/maintenance/the-6-types-of-maintenance-definitions-benefits-examples/ (jenis – jenis maintenance)

https://new.abb.com/medium-voltage/service/maintenance/feature-articles/4-types-of-maintenance-strategy-which-one-to-choose#:~:text=Four%20general%20types%20of%20maintenance,based%20and%20condition%2Dbased%20maintenance. (jenis)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *