Manfaat dan Penggunaan Car Lift dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang “manfaat dan penggunaan car lift dalam kehidupan sehari – hari”. Dalam kehidupan sehari-hari, ada berbagai alat dan peralatan yang mungkin sering kita abaikan, termasuk car lift. Meskipun mungkin terlihat sederhana, car lift memiliki peran yang cukup penting dalam memudahkan sejumlah aktivitas dan situasi. Artikel ini akan membahas definisi, jenis – jenis carlift, komponen carlift dan juga penggunaan carlift dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya yang mungkin sering kita lewatkan. Carlift sendiri termasuk kedalam bagian dari Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut yang di atur di dalam Permenaker no 8 tahun 2020.

Apa Yang Dimaksud Dengan Carlift?

Car Lift adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk mengangkat kendaraan, biasanya di bengkel otomotif, garasi dan juga steam kendaraan, agar teknisi atau pemilik kendaraan dapat dengan mudah mengakses bagian bawah kendaraan selama perbaikan atau perawatan. Dongkrak mobil ini membantu mengangkat kendaraan dari tanah, memungkinkan akses ke bagian bawah seperti mesin, roda, sistem transmisi dan sistem rem.

Apa Saja Jenis – Jenis Dari Carlift?

Berikut ini adalah beberapa jenis carlift yang sering digunakan:

1. Jenis car lift jika dilhat dari  metode penggeraknya:

a. Carlift penggerak ulir

Car lift ini menggunakan sistem ulir untuk proses mengangkat dan menurunkan carlift, ulir ini nantinya akan digerakkan oleh motor listrik.

b. Car lift penggerak hidraulik

Car lift ini menggunakan sistem hidraulik untuk menggerakkan mekanisme pengangkat dengan fliuda yang di mampatkan. Sistem ini cenderung memberikan pengangkatan yang lebih halus dan memberikan daya yang lebih besar dibandingkan sistem pneumatic.

c. Car lift Pneumatik

Car lift pneumatic adalah jenis car lift yang menggunakan udara bertekanan (pneumatik) sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan mekanisme pengangkat. Sistem pneumatik memanfaatkan udara bertekanan yang dihasilkan oleh kompresor udara untuk mengangkat dan menurunkan kendaraan.

2. Jenis Carlift berdasarkan bentuknya:

a. Single post car lift

Single post berarti hanya memiliki atau menggunakan satu tiang atau kaki saja. Single post car lift adalah car lift yang umumnya digunakan untuk car wash atau pencucian mobil, karena bagian bawah mobil akan terangkat dan dapat dibersihkan dengan leluasa. Ada dua jenis single post car lift yaitu:

– Single post car lift tipe X

Car lift tipe ini adalah salah satu dari jenis single post car lift yang mempunyai 4 penyangga yang dapat diatur untuk menyesuaikan lokasi dari titik dimana mobil akan diangkat

– Single post car lift tipe H

Pada single post car lift tipe H memiliki empat lengan penyangga yang bersifat Fixed (tetap) dimana luas penampang dari tumpuan ini lebih banyak menyentuh pada permukaan kendaraan yang akan diangkat.

b. Two Post Car Lift

Car lift dengan dua tiang penyangga yang dihubungkan oleh traversa di bagian atas. Traversa ini berfungsi sebagai penopang dan memungkinkan akses ke bagian bawah kendaraan. Car lift ini sesuai untuk servis mesin maupun pekerjaan komponen bagian bawah dari kendaraan karena di topang oleh 2 kaki yang membuatnya lebih kuat menyangga kendaraan di bandingkan dengan jenis One Post Car Lift.

c. Four Post Car Lift

Four post memiliki arti 4 penyangga. Jenis car lift ini memiliki tingkat keamanan paling baik di bandingkan jenis car lift lainnya karena kendaraan benar benar diatas car lift dengan keempat rodanya menapak dengan baik. Car lift ini sangat cocok untuk perbaikan engine maupun chasis, suspensi, ball join dan lain sebagainya unuk komoponen yang berada di bawah.

d. Scissor car lift

Scissor lift adalah salah satu jenis car lift yang mekanisme nya mirip dengan mekanisme gunting. Walaupun jenis ini berbeda dari jenis sebelumnya namun jumlah tmpuan ayau kakinya sama dengan four post car lift yaitu berjumlah 4 kaki, sehingga dalam pengelompokkannya tergolong atau masuk kedalam jenis four post car lift.

Apa Saja Komponen Yang Ada Pad Car Lift?

Berikut ini adalah komponen utama pada car yang harus Garuda Crew tau:

1. Platform

Merupakan bagian tempat kendaraan ditempatkan selama proses pengangkatan. Platform ini dirancang untuk menopang berat kendaraan dengan aman.

2. Post (penyangga)

Penyangga ini berfungsi untuk mendukung atau menopang semua peralatan pada car lift, dan juga tepat meopang kendaraan yang diangkat. Dua atau lebih tiang penyangga (post) yang mendukung platform. Jumlah post bisa dua (two-post lift), empat (four-post lift), atau lebih, tergantung pada desain car lift.

3. Motor penggerak

Motor penggerak pada car lift memiliki fungsi kritis dalam menggerakkan sistem pengangkat sehingga dapat mengangkat dan menurunkan kendaraan dengan aman dan efisien.

4. Pompa hidraulik atau compressor udara

Fungsi dari sistem hidrolik adalah mentransfer Fluida Hidraulik, menghubungkan komponen hidrolik dan memberikan tekanan pada silinder hidrolik. Fungsi dari compressor udara adalah menghasilkan udara bertekanan untuk proses pengangkatan car lift dan memungkinkan untuk pengangkatan dan penurunan.

5. Tali sling atau rantai

Tali sling atai tali kawat baja di gunakan untuk menstransfer daya dari motor untuk proses penggerakkan naik dan turunnya car lift. Jika car lift menggunakan tali kawat baja maka biasanya tali kawat baja akan di bantu dengan pully dan jika menggunakan rantai makan akan menggunakan gear.

6. Sproket

Sprocket adalah sebuah roda gigi yang memiliki gigi-gigi yang menonjol di sekelilingnya. Sprocket digunakan dalam sistem penggerak rantai atau sabuk dan berfungsi untuk mentransfer daya atau gerakan dari satu bagian mekanisme ke bagian lainnya. Gigi pada sprocket akan cocok dengan gigi-gigi pada rantai atau sabuk, sehingga putaran atau gerakan dapat disalurkan secara efisien.

7. Safety lock

Safety lock ini berfung sebagai salah satu safety device yang ada pada car lift yang berfungsi untuk mengunci platform saat di atas maupun di bawah, tanpa beban maupun dengan beban agar beban dan platform tidak turun pada saat di operasikan.

8. Panel listrik

Berfungsi sebagai pusat arus listrik yang ada pada car lift, terdapat 2 tombol pada car lift yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan carlift

9. Tabung reservoir oli

Tabung ini berfungsi untuk menyimpan oli untuk pelumasan pada sistem carlift

Dimana Penggunaan Dari Carlift?

1. Pemeliharaan dan Perbaikan Kendaraan

Di bengkel otomotif, car lift digunakan untuk memudahkan pemeliharaan dan perbaikan kendaraan. Mekanik dapat mengangkat kendaraan ke ketinggian yang nyaman untuk mengakses bagian bawah dan melakukan pekerjaan perbaikan atau perawatan.

2. Ganti Ban dan Pengecekan Roda

Car lift memungkinkan teknisi untuk dengan mudah mengganti ban, memeriksa roda, dan melakukan pekerjaan terkait suspensi atau sistem roda lainnya tanpa kesulitan.

3. Pemeriksaan dan Perawatan Rem

Pada saat melakukan pemeriksaan dan perawatan sistem rem, car lift membantu mengangkat kendaraan sehingga teknisi dapat dengan mudah mengakses dan memeriksa komponen-komponen rem di bagian bawah.

4. Pengecekan dan Perbaikan Sistem Knalpot

Car lift memudahkan pekerjaan perbaikan atau penggantian sistem knalpot, baik pada bagian knalpot itu sendiri maupun komponen yang terhubung di bagian bawah kendaraan.

5. Pengecekan dan Perbaikan Sistem Suspensi

Car lift memungkinkan akses yang mudah ke sistem suspensi kendaraan, memfasilitasi pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan berbagai komponen, seperti per, per, atau penggantian suspensi.

6. Pengecekan dan Perawatan Mesin

Untuk perbaikan atau perawatan mesin, car lift memungkinkan akses ke bagian bawah kendaraan, termasuk mesin. Ini sangat membantu dalam kegiatan seperti pergantian oli atau perbaikan mesin.

Sumber

https://jmcautomotiveequipment.com/pages/jmc-equipment-buyers-guide/vehicle-lifts-different-types-and-how-to-choose-the-right-one.html (definisi)

https://lemonbin.com/types-of-car-lifts/ (Jenis)

https://www.youtube.com/watch?v=jyWqi-mbwyE (komponen)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *