Menggali Lebih Dalam Tentang Reach Truck Peralatan Penyimpanan dan Distribusi yang Efisien

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Reach Truck. Alat ini sangat sering digunakan pada pengerjaan pengangtkatan barang yang ada di pergudangan, Pengelolaan logistik dan penyimpanan barang. Di tengah persaingan yang ketat dan permintaan konsumen yang terus berkembang, perusahaan memerlukan solusi efisien untuk memastikan rantai pasok yang lancar. Salah satu peralatan yang memainkan peran kunci dalam efisiensi penyimpanan dan distribusi adalah reach truck. Artikel ini akan membahas tentang definisi,jenis – jenis, komponen dan juga kelebihan serta kekurangan dari Reach Truck. Bagaimana penjelasannya? Smoak terus artukel berikut ini ya Gardua Crew !!!

Apa yang dimaksud dengan Reach Truck?

Reach truck, sesuai dengan namanya, adalah alat berat yang digunakan untuk meraih dan mengangkut muatan yang ada di tempat tinggi. Jadi, fungsi utama reach truck adalah untuk mengangkut atau membawa barang di dalam gudang atau warehouse yang tidak dimungkinkan untuk dibawa oleh manusia. Ukurannya yang kecil membuatnya dapat melewati jalan jalan yang kecil pada gudang di antara rak rak yang kecil, kemampuan dari reach truck ini meraih tempat – tempat yang tinggi hal ini lah yang sangat bermanfaat untuk menumpuk barang – barang di bagian  pergudangan dengan ketinggian kurang lebih 11 meter. Karena di pengerjaan dari reach truck ini berada dalam ruangan maka alat ini dilengkapi dengan tenaga listrik dari batera sebagai sumber energinya, sehingga tidak menimbulkan kebisingan dan polusi udara.

Apa Saja Jenis – Jenis Dari Reach Truck?

Berikut ini adalah beberapa jenis dari reach truck:

Stand up reach truck

Stand-Up Reach Truck adalah jenis forklift yang dirancang dengan platform tempat operator berdiri selama pengoperasian. Berbeda dengan forklift konvensional yang memiliki kursi tempat operator duduk, stand-up reach truck memungkinkan operator untuk berdiri di platform yang dilengkapi dengan pegangan dan kontrol operasional. Desain ini memberikan keleluasaan bagi operator untuk masuk dan keluar dengan cepat, membuatnya cocok untuk bekerja di koridor sempit dan ruang penyimpanan yang terbatas.

Double deep reach truck

Double Deep Reach Truck adalah jenis reach truck yang dirancang khusus untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dengan memungkinkan pengaksesan dua palet sekaligus dalam satu tempat. Double deep reach truck ini memiliki kemampuan meletakkan palet kedua tanpa harus memindahkan pallet yang pertama, sehingga meningkatkan efisiensi penyimpanan dan pengambilan barang.

Straddle reach truck

Straddle Stacker salah satu dari jenis peralatan material handling hand stacker dengan bentuk kaki yang lebih lebar dibandingkan dengan hand stacker standart. Dari segi fungsi, straddle stacker memiliki fungsi yang sama dengan jenis stacker lainnya, berfungsi memindahkan beban dari satu area ke area lainnya serta mampu mengangkat beban diatas pallet dengan kapasitas dan ketinggian angkat tertentu.

Cocok pada penggunaan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor), dilengkapi dengan bentuk dan ukuran kaki yang lebih lebar yang garpunya dapat di adjustable (dapat diatur kelebarannya) membuatnya sangat fleksible digunakan dimana saja dan untuk semua jenis pallet, khususnya jenis pallet yang memiliki papan bawah (type close) dengan entry 4 arah dan dapat digunakan pada ruang sempit sekalipun..

Turret Truck

Turret truck adalah jenis forklift yang dirancang untuk bekerja di koridor sangat sempit dan dapat memutar kabin untuk mencapai palet atau rak penyimpanan dari sisi ke sisi. Nama “turret” mengacu pada kemampuan forklift untuk memutar kabin dan garpu 180 derajat. Jenis forklift ini sangat cocok untuk operasi penyimpanan tinggi di gudang dengan rak penyimpanan yang tinggi.

Articulating reach truck

Articulating Reach Truck, juga dikenal sebagai Flexi Forklift atau Flexi Truck, adalah jenis forklift yang memiliki joint atau axle di bagian tengah, memungkinkan garpu untuk bergerak secara independen dari badan truk. Desain ini memberikan fleksibilitas tambahan dalam mengatasi rintangan dan beroperasi di koridor yang sempit, membuatnya ideal untuk gudang dengan kebutuhan penyimpanan di rak yang tinggi dan akses sulit.

Counterbalance reach truck

Forklift counterbalance adalah forklift yang paling sering dijumpai di lokasi perindustrian. Forklift ini memiliki bobot pemberat penyeimbang di bagian belakang. Fitur ini memiliki fungsi sebagai penyeimbang dari barang-barang yang akan diangkut forklift di bagian depan. Jadi, forklift akan tetap seimbang dan tidak akan terbalik ketika mengangkat beban.

High level order picker

High-Level Order Picker adalah jenis forklift khusus yang dirancang untuk kegiatan pengambilan atau picking barang dari rak penyimpanan yang tinggi di gudang. Forklift ini memiliki platform operator yang dapat diangkat ke ketinggian yang diperlukan sehingga operator dapat mencapai dan mengambil barang-barang dari rak tinggi dengan mudah. Jenis forklift ini sangat penting dalam operasi gudang modern yang mengutamakan efisiensi dan ketelitian dalam proses picking.

Apa Saja Komponen Utama Dari Reach Steaker?

Berikut ini adalah komponen – komponen dari reach steaker:

1. Chasis

Chassis adalah bagian utama yang membentuk struktur dasar reach truck. Ini mencakup frame atau struktur rangka yang menopang seluruh forklift.

2. Mast (tiang)

Mast adalah struktur vertikal yang terletak di bagian depan reach truck dan berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan garpu. Mast biasanya dilengkapi setidaknya dengan cylinder hidraulik yang berfungsi untuk menggerakkan garpu. Terdapat 2 gerakan yang ada di mast atau tiang yaitu lift cylinder yang berfungsi menggerakkan fork keatas dan ke bawah serta gerakkan tilt yang berfungsi untuk mengatur kemiringan sudut fork.

3. Garpu (fork)

Fork adalah komponen yang terpasang pada ujung mast dan berfungsi untuk mengangkat dan membawa beban. Garpu dapat diatur lebarnya untuk menyesuaikan dengan lebar palet atau barang yang diangkut, garpu tersebut di gerakkan dengan menggunakan silender hidrolik ke arah kanan dan kiri

4. Cylinder Hidraulik

Reach truck menggunakan sistem hidraulik untuk menggerakkan berbagai komponen seperti mast dan garpu. Cylinder hidraulik berperan penting dalam mengendalikan ketinggian dan sudut mast.

5. Baterai

Banyak reach truck menggunakan baterai sebagai sumber daya utama. Baterai ini memberikan tenaga pada motor listrik yang menggerakkan forklift. Motor ini dapat mengontrol berbagai fungsi seperti pergerakan maju, mundur, dan fungsi hidraulik.

6. Roda

Reach truck umumnya dilengkapi dengan roda untuk memudahkan pergerakan. Ada reach truck dengan tiga roda (trike) atau empat roda, dan konfigurasi ini dapat memengaruhi kemampuan manuver dan stabilitas forklift.

7. Kabin

Kabin operator adalah area tempat pengemudi atau operator berada selama pengoperasian. Kabin ini dilengkapi dengan setir, kontrol operasional, dan panel instrumen.

8. Overhead Guard

Berfungsi sebagai pelindung operator dari jatuhan benda – benda yang mengarah ke operator.

9. Sistem control

Reach truck dilengkapi dengan sistem kontrol yang memungkinkan operator mengendalikan berbagai fungsi reach truck, seperti sistem kemudi, mengangkat dan menurunkan beban, bergerak maju dan mundur, dan mengontrol fungsi hidraulik.

10. Sensor keamanan

Beberapa reach truck dilengkapi dengan sensor keamanan untuk mendeteksi rintangan atau bahaya di sekitarnya. Ini membantu mencegah tabrakan dan kecelakaan selama operasi.

11. Rack Height Indicator

Beberapa reach truck dilengkapi dengan indikator ketinggian rak (rack height indicator) untuk membantu operator dalam mengidentifikasi tinggi rak penyimpanan dan mengoptimalkan operasi di ruang penyimpanan yang tinggi.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Dari Reach Truck?

Berikut iin adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Reach Truck:

Kelebihan Reach Truck:

1. Manuverabilitas Tinggi

Reach truck dirancang untuk bekerja di koridor sempit, sehingga dapat dengan mudah berbelok dan bergerak di ruang penyimpanan yang terbatas.

2. Efisiensi Ruang Penyimpanan

Dengan kemampuan mencapai ketinggian rak penyimpanan yang tinggi, reach truck membantu memaksimalkan penggunaan ruang vertikal di gudang.

3. Operasi Picking yang Cepat

Reach truck ideal untuk operasi picking karena memungkinkan operator mencapai dan mengambil barang dengan cepat dari rak yang tinggi.

4. Kemampuan Mencapai Ketinggian yang Tinggi

Dengan mast teleskopiknya, reach truck mampu mencapai ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan dengan forklift konvensional

5. Efisiensi Energi

Banyak reach truck menggunakan baterai listrik yang dapat diisi ulang, memberikan efisiensi energi dan mengurangi emisi gas buang.

Kekurangan Reach Truck:

1. Kecepatan Pergerakan yang Terbatas

Reach truck biasanya memiliki kecepatan pergerakan yang lebih rendah dibandingkan dengan forklift konvensional, terutama ketika membawa beban berat

2. Kapasitas Angkut Terbatas

Kapasitas angkut reach truck cenderung lebih rendah dibandingkan dengan forklift konvensional, terutama untuk barang-barang yang sangat berat

3. Stabilitas Menurun dengan Ketinggian

Stabilitas reach truck dapat menurun seiring dengan peningkatan ketinggian garpu. Hal ini memerlukan operator yang terlatih untuk mengelola keamanan operasi.

4. Biaya Awal dan Perawatan

Reach truck umumnya memiliki biaya awal yang lebih tinggi daripada forklift konvensional, dan perawatannya juga dapat lebih rumit dan mahal.

5. Pelatihan Operator yang Diperlukan

Operator reach truck harus menjalani pelatihan khusus untuk mengoperasikan alat ini dengan aman dan efisien, dan pelatihan tersebut dapat memerlukan waktu yang lebih lama.

Kesimpulan

Reach truck bukan hanya sebuah peralatan, tetapi merupakan investasi dalam efisiensi dan produktivitas gudang. Dengan kemampuan untuk bekerja di ruang penyimpanan yang terbatas dan peletakkan barang yang tinggi, reach truck menjadi solusi yang sangat diperlukan dalam menghadapi tuntutan operasional industri modern. Reach truck sangat membantu perusahaan untuk menghemat waktu dalam pengerjaan penyimpanan dengan lebih efisien dan responsif dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah.

https://www.raymondcorp.com/information/frequently-asked-questions/what-is-a-reach-truck (Definisi)

https://www.asheforklift.com/post/kenali-forklift-counterbalance-dan-cara-kerjanya (jenis)

https://forkliftjateng.com/jenis-forklift-terlengkap/ (jenis)

https://www.msjgroup.co.id/2019/12/10-jenis-forklift-dan-penggunaannya.html (jenis)

https://www.sentrakalibrasiindustri.com/apa-yang-dimaksud-dengan-reach-truck-dan-apa-saja-fungsinya-dalam-gudang/ (Komponen)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *