Perbedaan Antara Sling dan Wire Rope Pemilihan yang Bijak untuk Pengangkatan Beban Berat

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara sling dan wire rope. Kedua buah alat ini pasti sudah sangat sering sekali terdengar di telinga Garuda Crew semua. Karena memang alat ini lah yang membantu alat berat di tempat keja Garuda Crew berfungsi dengan baik. Pengangkatan beban berat merupakan bagian terpenting dalam berbagai industri dan untuk tujuan ini, dua elemen umum yang digunakan adalah sling dan wire rope. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mengangkat beban, perbedaan mendasar dalam konstruksi, karakteristik, dan penggunaan membuat keduanya cocok untuk situasi yang berbeda. Artikel kali ini akan membahas tentang apa itu wire rope dan sling, jenis yang sering digunakan dan penggunaan dari kedua komponen tersebut. Mau tau bagaimana penjelasannya simak terus artikel kali ini yaa!!!!!!

Apa Yang Dimaksud Dengan Wire Rope Dan Sling?

Wire Rope:

Wire rope atau tali kawat baja adalah kumpulan untaian logam yang telah dipelintir dan dililitkan untuk membentuk bentuk heliks dengan tujuan untuk menopang dan mengangkat beban berat dan melakukan tugas yang terlalu berat untuk kawat standar. Pada dermaga perkapalan, tali-temali, dan peralatan penahan beban, wire rope dipasang pada swivel, shackle, atau hook untuk mengangkat beban dengan cara yang terkendali, merata, dan efisien.

Sling:

Sling adalah komponen yang dirancang untuk membantu kita mengangkat, mengerek, menarik, atau mengangkut beban berat. Sling merupakan bantuan yang sangat diperlukan saat memuat segala jenis kargo di kapal dengan cara yang aman, dan juga mengurangi jumlah tenaga yang dibutuhkan. Ini memungkinkan beban dikaitkan ke pengangkatan. Sling terbuat dari serat sintetis atau tali kawat dengan perangkat logam seperti kait, belenggu, penghubung, atau cincin di ujungnya. Berbagai jenis sling dapat ditemukan tergantung pada aplikasinya, beban kerja, komposisi, mode sling, panjang, dll.

Apa Saja Jenis – Jenis Dari Wire Rope Dan Sling?

Wire rope:

1. Wire rope

Wire rope adalah Wire rope adalah sebuah konstruksi kabel yang terdiri dari serangkaian kawat logam yang diikat bersama untuk membentuk sebuah tali yang kuat dan tahan lama. Kawat-kawat ini biasanya terbuat dari baja, dan mereka dianyam atau ditarik bersama untuk membentuk struktur yang tahan terhadap beban berat dan tekanan. Wire rope terdiri dari Center Wire, Strand Core, Wire Rope.

2. Webbing

Webbing adalah salah satu jenis tekstil yang terbuat dari bahan sintetis seperti nilon, poliester, dan polipropilen. Bahan ini sangat serbaguna dan banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari perlengkapan luar ruangan hingga perlengkapan keselamatan otomotif. Tali anyaman biasanya digunakan untuk mengamankan dan menahan barang-barang seperti tas, ransel, dan tenda.

3. Chain

Chain, atau rantai, adalah serangkaian cincin atau mata yang terkait satu sama lain untuk membentuk suatu ikatan yang panjang. Rantai biasanya terbuat dari logam, seperti baja, meskipun ada juga rantai yang terbuat dari bahan lain seperti plastik atau karet, tergantung pada kebutuhan aplikasi. Chain memiliki berbagai macam kegunaan dan aplikasi di berbagai industri.

4. Tali serat

Tali yang terbuat dari serat-sel serat sintetis seperti nylon atau polyester. Tali ini digunakan sebagai bagian integral dari sistem pengangkatan beban dalam operasi crane. Berbeda dengan wire rope yang terbuat dari kawat logam, tali serat dirancang untuk memberikan fleksibilitas, ringan, dan resistensi terhadap korosi.

Sling :

1. Wire rope sling

Wire rope adalah Tali baja yang terbuat dari beberapa WIRE yang dipilin membentuk STRAND, lalu beberapa strand tersebut dipilin mengelilingi CORE untuk membentuk sebuah wire rope. Wire Rope Sling adalah wire/kawat yang salah satu atau kedua ujungnya sudah diterminasi atau dibuat mata. Wire rope sling ini banyak digunakan di lapangan untuk aplikasi mengangkat barang (Lifting), menarik (Towing), menambat kapal (Mooring), mengikat Lashing (choker) dan masih banyak lagi. Pembuatan wire rope sling sifatnya customized, yang berarti wire rope sling ini dapat difabrikasi sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan dan kegunaan di lapangan.

2. Chain sling

Chain sling adalah jenis sling yang biasa digunakan untuk mengangkat beban berat, sling jenis rantai ini lebih cocok digunakan untuk cuaca yang panas dibandingkan dengan tali kawat dan cocok digunakan untuk suhu lingkungan yang tinggi. Sling jenis rantai ini sering digunakan untuk mengangkat barang berat dilokasi kerja seperti tempat sampah, lempengan beton, pipa, struktur pra fabrikasi dan masih banyak lagi kegunaannya. Berikut ini adalah jenis – jenis dari pada chain sling.

TypeDescription
COSingle Chain Sling with Master Link each end
  SOSSingle Chain Sling with Master Link and Sling Hook
  SOGSingle Chain Sling with Master Link and Grab Hook
  SOFSingle Chain Sling with Master Link and Foundry Hook
SSSSingle Chain Sling with Sling Hook each end
  SGSSingle Chain Sling with Grab Hook and Sling Hook
  ASOSAdjustable Single Chain with Master Link and Sling Hook
  ASOFAdjustable Single Chain Sling with Master Link and Foundry Hook
  ASOGAdjustable Single Chain Sling with Master Link and Grab Hook
SOCHSingle with 1355 Choker
  DOSDouble Chain Sling with Master Link and Sling Hook
  DOGDouble Chain Sling with Master Link and Grab Hook
  DOFDouble Chain Sling with Master Link and Foundry Hook
  ADOSAdjustable Double Chain Sling with Master Link and Sling Hook
  ADOGAdjustable Double Chain Sling with Master Link and Grab Hook
DOCHDouble with 1355 Choker
  TOSTriple Chain Sling with Master Link and Sling Hook
  TOGTriple Chain Sling with Master Link and Grab Hook
TOFTriple Chain Sling with Master Link and Foundry Hook
TOCHTriple with 1355 Choker
QOSQuadruple Chain Sling with Master Link and Sling Hook
QOGQuadruple Chain Sling with Master Link and Grab Hook
QOFQuadruple Chain Sling with Master Link and Foundry Hook

3. Webbing sling

Sling sabuk mempunyai nama lain yaitu webbing sling, webbing sling sendiri adalah sling yang terbuat dari anyaman dan berbahan Polyester yang kemudian dibentuk menjadi sebuah sabuk yang ujungnya dibentuk untuk mengaitkan mata kait sesuai dengan kebutuhan. Sabuk sling sendiri bersifat fleksibel, ringan dan memiliki permukaan bantalan yang lebar yang berfungsi membantu melindungi beban yang akan diangkat

Dimana Penggunaan Dari Sling Dan Wire Rope?

Penggunaan Sling

1. Konstruksi Bangunan

Sling sering digunakan dalam konstruksi bangunan untuk mengangkat dan menstabilkan material konstruksi seperti balok, batu, dan bagian struktural lainnya.

2. Manufaktur

Dalam lingkungan manufaktur, sling dapat digunakan untuk mengangkat atau memindahkan komponen atau produk yang memiliki bentuk atau ukuran yang beragam.

3. Industri Pengiriman

Sling sering digunakan dalam kegiatan pengiriman dan muatan kapal untuk mengamankan dan mengangkat barang-barang ke kapal atau dari kapal.

4. Pertambangan

Di industri pertambangan, sling digunakan untuk mengangkat atau menurunkan peralatan berat atau material tambang.

5. Pertanian

Sling dapat digunakan di pertanian untuk mengangkat atau menstabilkan barang-barang seperti bale jerami atau alat pertanian berat.

6. Perawatan Taman dan Lanskap

Dalam pekerjaan perawatan taman dan lanskap, sling dapat digunakan untuk mengangkat atau menurunkan material seperti batu hias atau tanaman besar.

Penggunaan wire rope, webbing, chain dan tali serat:

1. Industri Minyak dan Gas

Wire rope umumnya digunakan dalam industri minyak dan gas untuk mengangkat dan menurunkan peralatan berat atau material di lokasi pengeboran atau fasilitas pengolahan.

2. Konstruksi Bangunan Tinggi

Pada proyek konstruksi bangunan tinggi, wire rope sering digunakan dalam crane untuk mengangkat dan menurunkan material konstruksi ke berbagai tingkat bangunan.

3. Pertambangan

Wire rope digunakan secara luas dalam industri pertambangan untuk mengangkat dan menurunkan peralatan berat, seperti alat penggali dan truk tambang.

4. Maritim

Di industri maritim, wire rope digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk penanganan kargo di pelabuhan, pengangkatan dan penurunan peralatan kapal, serta penggunaan di kapal penangkap ikan.

5. Pembangkit Listrik

Dalam industri pembangkit listrik, wire rope dapat digunakan untuk mengangkat dan menurunkan peralatan besar, seperti generator atau turbin.

6. Rekayasa dan Konstruksi Berat

Wire rope sering digunakan dalam proyek rekayasa sipil dan konstruksi berat, seperti pembangunan jembatan atau proyek infrastruktur besar lainnya.

Kesimpulan

Perbedaan utama dari sling dan wire rope dapat dilihat dari gambar yang sudah di paparkan, jika sling hanya mempunyai konstruksi yang lurus jika sling mempunyai tekukan berbentuk mata yang diikat dengan mur baut yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dari pada wire rope. Sling di buat dengan sedemikian rupa untuk proses pengangkatan dan di pasangkan dengan alat bantu angkat dan angkut agar benda yang diangkat tidak mengalami guncangan yang berlebih sehingga menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Pemilihan antara sling dan wire rope tergantung pada kebutuhan spesifik aplikasi dan beban yang akan diangkat. Beberapa pekerjaan mungkin memerlukan penggunaan keduanya untuk memenuhi persyaratan keamanan dan fungsionalitas.

Slings, lifting equipment for the handling of cargo

https://www.randers-reb.com/fishing-rope/rope-technology/the-basic-elements-of-steel-wire-rope

Apa itu Webbing & Bagaimana Penggunaannya?

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *