Memahami Peran dan Fungsi Grader dalam Dunia Industri

Pada artikel kali ini kita akan coba membahas dan memahami tentang salah satu alat berat yang cukup unik yaitu Grader. Jika dilihat dari Permenaker no 8 tahun 2020 tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pesawat Angkat dan Pesawat angkut, alat ini masuk kedalam bagian Pesawat angkut dan berada pada bagian alat berat. Grader adalah salah satu peralatan berat yang memainkan peran penting dalam persiapan dan penyelesaian proyek pembangunan. Grader sering digunakan untuk meratakan dan membentuk permukaan tanah agar sesuai dengan desain yang diinginkan. Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang grader, mulai dari definisi, fungsi, komponen dan juga penggunaan. Bagaimana penjelasan lengkapnya simak terus artikel ini yaa Garuda Crew!!!

Apa Yang Dimaksud Dengan Grader?

Grader atau juga dikenal sebagai motor grader adalah jenis peralatan berat yang dirancang khusus untuk meratakan dan membentuk permukaan tanah. Grader biasanya memiliki roda penggerak dan pisau besar yang dapat diatur untuk membuat kemiringan atau kontur tertentu pada permukaan tanah. Pisau grader dapat diangkat atau diturunkan, dan dapat diputar hingga 360 derajat, memberikan fleksibilitas dalam melakukan pekerjaan penggelembungan, pembentukan, atau perataan tanah.

Apa Fungsi Utama dari Grader?

Berikut ini adalah fungsi utama dari Grader atau motor Grader:

a. Meratakan tanah

Grader digunakan untuk meratakan tanah setelah penggalian atau pengangkatan material. Proses ini membantu menciptakan landasan yang kuat dan stabil untuk konstruksi lebih lanjut.

b. Pembentukan Permukaan Tanah

Salah satu fungsi utama grader adalah membentuk permukaan tanah sesuai dengan desain yang diinginkan. Ini penting dalam konstruksi jalan, landasan pacu bandara, dan area parkir

c. Membangun jalan dan jalur kerikil atau tanah

Fungsi grader adalah membentuk jalan atau meratakan tanah dan kerikil agar kondisi atau permukaan jalan yang lebih baik.

d. Merawat jalan yang tidak beraspal dan berkerikil

e. Mengelompokkan jalan berkerikil

f. Membuat dan meratakan tanggul di samping jalan dan lapangan

g. Membentuk tepian kanal

h. Menghaluskan lapisan kerikil pada jalan aspal baru

i. Meratakan jalan angkut untuk tambang

j. Meratakan lapisan atas jalan

Apa Saja Komponen – Komponen Pada Grider?

Berikut ini adalah komponen utama dari Grider:

a. Front Weight

Penggunaan front weight pada grader bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan traksi alat saat bekerja. Dengan menambahkan bobot di bagian depan, grader dapat lebih efektif mengatasi tantangan topografi yang beragam dan meningkatkan kinerjanya dalam menggarap tanah yang mungkin lebih keras atau tidak merata.

b. Front Excel

Front axle pada motor grader adalah bagian dari sistem roda yang terletak di bagian depan alat tersebut. Front axle grader memiliki peran penting dalam memberikan stabilitas, traksi, dan kemudi selama operasi.

c. Wheel lean/Lining Cylinder

Grader yang dilengkapi dengan sistem Lean Cylinder, atau dalam hal ini disebut sebagai “lining cylinder grader,” adalah kemampuan grader untuk mengatur dan menyesuaikan posisi komponen tertentu, seperti pisau atau roda, dengan menggunakan silinder hidrolik. Ini dapat menjadi fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan presisi dan fleksibilitas dalam proses penggarapan dan pembentukan tanah.

d. Axle Bar

Axle Bar merupakan komponen krusial yang menghubungkan roda-roda pada suatu sumbu, baik itu roda depan (front axle) maupun roda belakang (rear axle). Fungsi Axle Bar melibatkan transmisi daya dan kemudi. Axle bar juga berfungsi sebagai transmisi daya dan stabilitas pengemudi.

e. Tie Rod

Tie rod adalah salah satu komponen krusial dalam sistem kemudi suatu kendaraan, termasuk kendaraan berat seperti grader. Fungsi utama tie rod adalah untuk menghubungkan dua ujung roda depan (front wheels) dengan sistem kemudi

f. Steering Cylinder

Steering cylinder (silinder kemudi) adalah komponen hidrolik pada sistem kemudi suatu kendaraan. Fungsi utamanya adalah mengubah gerakan hidrolik menjadi gerakan mekanis untuk menggerakkan roda-roda kendaraan, sehingga kendaraan dapat diarahkan sesuai dengan keinginan pengemudi.

g. Lampu

Lampu memiliki peran penting dalam memberikan penerangan saat kendaraan bergerak, terutama di malam hari atau dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik.

h. Blade Lift Cylinder

Blade lift cylinder adalah silinder hidrolik yang digunakan pada motor grader untuk mengangkat dan menurunkan pisau (blade).

i. Front Structure

Front Structure adalah kerangka utama yang membentuk struktur keseluruhan grader.

Ini harus cukup kuat untuk menahan beban dan tekanan yang terjadi selama operasi.

j. Draw Bar

Draw bar pada grader memiliki peran penting dalam mengaitkan atau menghubungkan grader dengan alat atau implementasi lain yang akan ditarik atau digunakan selama operasi. Draw bar ini memungkinkan grader untuk menarik peralatan tambahan seperti scraper, trailer, atau attachment lainnya.

k. Blade Support

“Blade support” pada motor grader merujuk pada sistem atau struktur yang memberikan dukungan dan stabilitas pada pisau (blade) selama operasi.

l. Blade

Pisau atau blade adalah komponen yang paling khas pada grader. Pisau ini dapat diangkat, diturunkan, dan dimiringkan untuk membentuk permukaan tanah sesuai dengan desain yang diinginkan. Pisau grader dapat memiliki berbagai bentuk tergantung pada fungsi spesifiknya.

m. Circle Drive

Digunakan untuk memutar blade ke kanan dan kekiri hingga sehingga hasil pengerjaan dapat tercapai sesuai dengan keinginan dengan bantuan hidrolik pressure

n. Draw bar cylinder

komponen yang digunakan untuk mengaitkan atau menghubungkan grader dengan alat atau implementasi tambahan yang akan ditarik atau digunakan selama operasi. Draw bar cylinder memainkan peran penting dalam mengontrol gerakan draw bar untuk mengubah tinggi atau kemiringan implementasi yang ditarik oleh grader.

o. Blade tilt cylinder

Silinder ini memungkinkan operator untuk mengatur sudut kemiringan atau kemiringan pisau selama operasi. Kemampuan ini penting untuk meratakan dan membentuk tanah dengan lebih presisi, terutama ketika ada kebutuhan untuk mengikuti kontur tanah yang berbeda atau menyesuaikan permukaan jalan.

p. Cabin

Berfungsi sebagai tempat operator mengendalikan dan mengemudikan grader untuk keperluan pengerjaan, di dalam kabin ini banyak control kendali yang dapat dan harus berfungsi dengan baik.

q. Artiulated cylinder

Cylinder pada articulated motor grader biasanya disebut juga dengan silinder hidrolik yang terlibat dalam menggerakkan dan mengendalikan bagian belakang (rear frame) kendaraan tersebut. Fungsi dari silinder ini dapat melibatkan kemiringan pisau grader, mengontrol sudut kemudi, atau memungkinkan bagian belakang kendaraan untuk bergerak secara independen dari bagian depan.

r. Tire

Ban menyediakan traksi antara grader dan permukaan jalan atau tanah yang sedang dikerjakan. Traksi yang baik sangat penting untuk memastikan kendaraan dapat bergerak maju, mundur, dan melakukan manuver dengan stabil, terutama pada kondisi tanah yang berbeda.

Dimana Penggunaan Dari Grader?

a. Pembentukan Jalan

Grader digunakan untuk membentuk permukaan jalan dengan mendorong dan memiringkan pisau untuk menciptakan elevasi dan profil yang diinginkan.

b. Meratakan Tanah

Grader meratakan dan memadatkan tanah di area konstruksi untuk menciptakan landasan yang stabil sebelum pembangunan infrastruktur seperti jalan, landasan pacu bandara, atau rel kereta api.

c. Pembersihan Saluran dan Saluran Air

Grader dapat digunakan untuk membersihkan dan membentuk saluran air serta sistem drainase untuk mengelola air hujan dan mencegah banjir.

d. Pemeliharaan Jalan

Grader digunakan untuk memelihara dan memperbaiki permukaan jalan yang ada dengan meratakan lubang, mengisi perkerasan yang rusak, dan memberikan kemulusan.

e. Penanganan Material

Beberapa model grader dilengkapi dengan peralatan tambahan seperti scraper atau attachment lainnya untuk menangani dan mengangkut material seperti tanah, kerikil, atau aspal.

Kesimpulan:

Grader memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan bahwa permukaan tanah di lokasi konstruksi sesuai dengan persyaratan desain. Dengan penggunaan yang tepat dan oleh operator yang terlatih, grader dapat meningkatkan efisiensi konstruksi dan memastikan kualitas hasil akhir proyek. Penting bagi kontraktor dan tim konstruksi untuk memahami fungsi grader dan memastikan peralatan ini terintegrasi secara efektif dalam rencana konstruksi mereka.

https://www.buildwitt.com/learning-hub/dirt-101/what-is-a-motor-grader-and-what-does-it-do (Definisi)

https://constrofacilitator.com/motor-grader-functions-features-models/ (Fungsi)

https://www.youtube.com/watch?v=AYKsPHDUw5M&t=443s (Komponen)

https://alwepo.com/komponen-grader-komatsu-705/ (Komponen)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *