Perbedaan Antara Reach Truck dan Forklift dalam Operasi Material Handling

Material Handling merupakan aspek penting dalam dunia industri dan pergudangan dan dua peralatan utama yang biasa digunakan adalah forklift dan truk jangkauan. Meskipun keduanya dirancang untuk tujuan yang sama mengangkut dan mengelola barang, perbedaan signifikan dalam desain dan fungsionalitas berdampak pada kinerja dan kemudahan penggunaan di  lingkungan kerja yang berbeda. Artikel ini membahas Definisi, perbedaan utama antara forklift dan reach truck dan Penggunaan dari masing masing alat tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Forklift dan Reach Truck?

Forklift adalah perangkat industri yang digerakkan oleh motor yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan barang di atas palet di dalam  gudang, fasilitas penyimpanan, dan pusat distribusi. Beberapa desain memungkinkan operator mengemudi atau mengoperasikan forklift sambil duduk. Atau diartikan Forklift merupakan suatu alat material handling yang digunakan untuk mengangkat, memindahkan, dan menempatkan beban berat. Alat ini terutama digunakan di berbagai industri dan gudang untuk memudahkan pengangkutan dan penyimpanan material.

Sedangkan Reach truck, seperti namanya, merupakan alat berat yang digunakan untuk menjangkau dan mengangkut muatan ke tempat yang  tinggi. Oleh karena itu, fungsi utama truk penjangkau adalah untuk mengangkut dan memindahkan barang di dalam gudang dan gudang, hal yang tidak mungkin dilakukan manusia. Ukurannya yang kecil memungkinkannya melewati jalan-jalan kecil  di antara rak-rak kecil di gudang. Reach truck mempunyai kemampuan yang tinggi untuk menjangkau tempat yang tinggi dan sangat berguna ketika menumpuk produk di gudang yang tingginya kurang lebih 11 meter.

Apa Saja Perbedaan dari Forklift dan Reach Truck?

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari forklift dan reach truck:

  • Dilihat dari segi Desain:

Forklift         : Forklift memiliki desain yang mudah dikenali dengan mast (tiang vertikal) dan fork (garpu) di ujungnya. Garpu ini dapat diangkat dan diturunkan untuk memindahkan beban dari satu tempat ke tempat lain.

Reach Truck: Reach truck memiliki desain yang lebih ramping dan fleksibel. Reach truck dilengkapi dengan mast teleskopik yang dapat memanjang dan memendek, memungkinkan fork mencapai ketinggian yang lebih tinggi.

  • Fungsi dan Aplikasi

Forklift         : Forklift umumnya digunakan untuk memindahkan beban di lantai gudang atau pabrik. Mereka dapat digunakan untuk memuat dan memuat truk atau kontainer.

Reach Truck: Reach truck dirancang khusus untuk mengelola stok di rak gudang tinggi. Mereka  efektif dalam bekerja di lorong sempit dan mencapai barang di dalam rak.

  • Kapasitas Angkatan

Forklift                   : Forklift biasanya memiliki kapasitas angkatan yang lebih besar dibanding reach truck. Ini membuat forklift ideal untuk memindahkan beban berat di lantai gudang. Forklift dapat mengangkat beban lebih dari 20 ton

Reach Truck           : Reach truck mungkin memiliki kapasitas angkatan yang lebih rendah, tetapi fokus utamanya adalah pada kemampuan mencapai ketinggian yang lebih besar. Reach truck hanya bisa menangkat beban sebesar 2 – 2,5 ton

  • Ketinggian Angkatan

Forklift                   : Forklift cenderung memiliki ketinggian angkatan yang lebih rendah, terutama cocok untuk tugas di lantai gudang yang tidak memerlukan pencapaian ketinggian yang signifikan. Biasanya ketinggian angkat dari forklift 7,9 meter

Reach Truck           : Reach truck mampu mencapai ketinggian yang jauh lebih besar, memungkinkan operasi yang efisien di gudang dengan rak yang tinggi. Ketinggian angkat dari reach truk mencapai 14 meter

  • Manuverabilitas

Forklift                   : Forklift dapat bermanuver di lantai gudang yang luas, tetapi mungkin kurang efisien di ruang sempit atau gudang dengan lorong sempit.

Reach Truck           : Reach truck dirancang khusus untuk bekerja di lorong sempit, menjadikannya pilihan ideal untuk gudang dengan stok vertikal.

Dimana Penggunaan Forklift Dan Reach Truck?

Berikut ini adalah penggunaan dari Forklift dan Reach Truck:

Reach TruckForklift
WarehouseWarehouse
Loading and unloading truckConstruction site
Container freight stationsLumberyards
Manufacturing facilitiesShipyards
Reaching pallets on deep racksMoving industrial equipment or machinery
Food storage and distribution centersLifting irregular loads with specialized attachment

Penggunaan ReachTruck

Reach Truk umumnya digunakan untuk bongkar muat palet yang tinggi atau dalam dan melewati lorong yang sempit. Ini adalah beberapa contoh penggunaan dari Reach Truck

  • Warehouse

Reach truck dapat digunakan di gudang untuk menempatkan dana memindahkan palet unit pada penyimpanan di tempat/rak yang tinggi dan memindahkan muatan dari suatu area ke area lainnya.

  • Food storage and distribution centers

Reach Truck dapat mengangkat dan mengangkut barang yang mudah rusak atau sensitive dengan efisien dan secara hati – hati karena kontrolnya yang akurat dan penanganannya yang halus. Selain itu, kemampuan dari reach truck sangat cocok digunakan di dalam ruangan dan untuk memindahkan makanan karena tidak adanya polusi yang dihasilkan dari alat ini.

  • Containers freight station

Reach truck ini memungkinkan mengambil dan menaruh barang pada ruangan yang forklift biasa tidak bisa menggapainya dan juga bisa meletakkan pallet pada area yang sulit di jangkau oleh forklift biasa.

  • Manufacturing Facilities

Dalama dunia maufakur alat ini dapat memindahkan produk jadi ke penyimpanan dan bahan baku ke pusat produksi.

  • Loading and unloading  

Kemampuan dari alat ini memungkinkan alat ini bergerak di ruang yang terbatas dan sempit di dermaga bongkar muat. Sementara itu, jagkauannya memungkinkan alat in iuntuk menumpuk barang degan jarak jarak yang tinggi.

Penggunaan Forklift

  • Warehouse

Forklift di gunakan di gudang untuk bongkar muat material dan barang lainnya dengan kapasitas angkat yang besar

  • Construction sites

Forklift biasanya digunakan di lokasi konstruksi untuk menurunkan palet batu bata, balok, sambungan baja dan material berat lainnya. Material ini diangkat melintasi permukaan yang tidak rata untuk mencapai ke lokasi.

  • Lumberyards

Selain digunakan untuk operasi bongkar muat, forklift dapat digunakan di tempat penumpukkan kayu untuk mengatur dan menumpuk kayu secara efisien dengan menggunakan attachment yang sesuai dengan kegunaannya.

  • Moving industrial equipment or machinery

Kegunaak selanjutnya adalah untuk memindahkan peralatan atau mesin industri dengan tambahan khusus yang dapat memuat dan memindahkan mesin dengan kapasitas yang sangat berat.

Kapan Harus Menggunakan Forklift Dan Reach Truck?

Berikut ini adalah kapan Garuda Crew harus menggunakan Forklift:

Keputusan untuk menggunakan forklift atau reach truck tergantung pada sejumlah faktor yang berkaitan dengan kebutuhan operasional dan karakteristik lingkungan gudang. Berikut adalah beberapa pertimbangan kapan sebaiknya menggunakan forklift atau reach truck:

1. Ketinggian Gudang

  • Forklift

Jika gudang memiliki langit-langit yang cukup rendah dan tidak memerlukan mencapai ketinggian yang tinggi, forklift mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat. Forklift dapat bekerja secara efisien di lantai gudang dengan ketinggian langit-langit yang terbatas.

  • Reach Truck

Reach truck menjadi pilihan yang ideal jika gudang memiliki rak yang tinggi dan memerlukan kemampuan untuk mencapai ketinggian yang signifikan. Reach truck dirancang khusus untuk operasi di lingkungan dengan stok vertikal yang tinggi.

2. Ruang Operasional

  • Forklift

Forklift lebih cocok untuk operasi di area lantai gudang yang luas dan terbuka. Mereka dapat dengan mudah bergerak di sepanjang lantai untuk memindahkan dan mengangkat beban.

  • Reach Truck

Reach truck dirancang untuk bekerja di ruang sempit dan lorong sempit. Jika gudang memiliki lorong sempit dan membutuhkan manuverabilitas yang tinggi, reach truck akan menjadi pilihan yang lebih baik.

3. Tugas Umum vs. Manajemen Stok di Rak:

  • Forklift

Forklift cocok untuk tugas umum seperti memindahkan beban dari satu lokasi ke lokasi lain di lantai gudang. Mereka efektif untuk operasi memuat dan membongkar truk atau kontainer.

  • Reach Truck

Reach truck dirancang khusus untuk manajemen stok di rak gudang tinggi. Jika fokus utama operasional adalah penyusunan dan pengambilan barang di dalam rak, reach truck memberikan keunggulan.

4. Kapasitas Angkatan dan Beban

  • Forklift

Forklift biasanya memiliki kapasitas angkatan yang lebih besar dan dapat menangani beban yang lebih berat di lantai gudang.

  • Reach Truck

Reach truck mungkin memiliki kapasitas angkatan yang lebih rendah dibandingkan forklift, tetapi kemampuannya untuk mencapai ketinggian yang tinggi membuatnya cocok untuk mengelola stok di penyimpanan.

5. Biaya dan Fleksibilitas

  • Forklift

Forklift umumnya lebih ekonomis dalam hal biaya perolehannya. Jika kebutuhan operasionalnya bersifat umum dan tidak memerlukan fitur-fitur khusus, forklift mungkin menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

  • Reach Truck

Reach truck mungkin memerlukan investasi awal yang lebih besar, terutama jika gudang memerlukan fitur-fitur khusus seperti kemampuan mencapai ketinggian yang tinggi dan bekerja dalam ruang sempit.

https://www.saloodo.com/logistics-dictionary/forklift/#:~:text=A%20forklift%2C%20also%20known%20as,driving%20or%20operating%20the%20machine. (Definisi)

https://www.raymondcorp.com/information/frequently-asked-questions/what-is-a-reach-truck (definisi)

https://www.asheforklift.com/post/mengenal-perbedaan-forklift-dan-reach-truck (Perbedaan)

https://www.readsforklift.com/the-difference-between-a-reach-truck-and-a-forklift (perbedaan)

https://www.conger.com/reach-truck-vs-forklift/ (perbedaan)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *