Mengenal Tentang Lifeline Alat Pelindung Diri Pada Pekerjaan Ketinggian

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang lifeline. Dimana alat ini adalah alat yang penting dalam pekerjaan khususnya di bidang ketinggian. Seiring dengan terus berkembangnya dunia kerja, perlindungan diri pekerja menjadi semakin penting dan menjadi syarat utama dalam suatu pekerjaan. Salah satu inovasi terkini dalam aspek keselamatan di tempat kerja adalah penggunaan Sistem Lifeline Alat Pelindung Diri. Artikel ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan lifeline, fungsi, jenis – jenis lifeline, dan dimana penggunaan dari lifeline.

Apa Yang Dimaksud dengan Lifeline?

Safety lifeline adalah peralatan keselamatan yang digunakan untuk membantu mengamankan pekerja yang bekerja di ketinggian dimana tempat tersebut tidak memililki anchor point atau titik titik hambat. Biasanya lifeline ini digunakan untuk pekerjaan di Fall Arrest dan fall restrain. Atau dengan kata lain lifeline adalah sistem pengaman yang digunakan untuk mencegah jatuh dari ketinggian. Ada dua jenis lifeline yang umum digunakan, yaitu horizontal lifeline dan vertical lifeline.

Apa Fungsi Utama Dari Lifeline?

Berikut ini adalah fungsi dan tujuan penggunaan dari lifeline:

1. Pencegahan Jatuh

Safety life line memberikan perlindungan krusial untuk mencegah pekerja jatuh dari ketinggian yang berpotensi berbahaya.

2. Penahanan Selama Pekerjaan

Menahan gerakan pekerja di area kerja tertentu, mencegah mereka terjatuh atau tergelincir.

3. Pengangkatan ketika pekerja trgelincir

Beberapa sistem dilengkapi dengan perangkat pemulihan/penarikan untuk menarik kembali pekerja setelah jatuh.

4. Fleksibilitas Gerakan

Memberikan fleksibilitas gerak yang diperlukan untuk bekerja secara efisien di lingkungan ketinggian.

Apa Saja Jenis – Jenis Dari Lifeline?

Berikut ini adalah jenis – jenis dari lifeline:

1. Horizontal Lifeline

Lifeline ini digunakan untuk area kerja yang luas dan dimasang sejajar dengan permukaan tempat kerja. Horizontal lifeline umumnya digunakan di area kerja yang memiliki risiko jatuh tinggi, seperti konstruksi, ereksi baja struktural, dan pekerjaan jembatan

2. Vertical Lifeline

Kabel atau tali yang diikatkan pada titik penahan di atas dan diikatkan pada peralatan penahan di bawah, memungkinkan untuk memalkukan gerakan vertikal. Digunakan di tempat-tempat seperti menara, tiang listrik, atau struktur vertikal lainnya.

3. Flexible Lifeline

Tipe ini adalah tipe yang menggunakan kabel atau tali fleksibel untuk memberikan keleluasaan gerak di area kerja yang kompleks atau terjal. Cocok untuk lingkungan kerja yang memerlukan fleksibilitas tinggi.

4. Retractable Lifeline

Jenis lifeline ini memiliki tali yang dapat ditarik dan dilepaskan, otomatis mengunci ketika terjadi kecepatan gerak (jatuh). Sering digunakan di area kerja yang membutuhkan mobilitas tinggi.

Dimana Penggunaan Dari Lifeline?

1. Konstruksi Bangunan

Lifeline sering digunakan di proyek konstruksi gedung tinggi, baik di bagian luar atau di atap, untuk memberikan perlindungan kepada pekerja selama pemasangan atap, pekerjaan di tingkat tinggi, atau pekerjaan struktural lainnya.

2. Industri Pertambangan

Dalam lingkungan pertambangan, lifeline dapat digunakan untuk memberikan penahanan kepada pekerja yang bekerja di tepi lereng atau di atas tambang terbuka.

3. Industri Minyak dan Gas

Lifeline seringkali digunakan di platform produksi minyak dan gas serta menara bor laut untuk melindungi pekerja selama pekerjaan perawatan, perbaikan, atau instalasi.

4. Pemeliharaan Jaringan Listrik

Pekerja yang melakukan perawatan atau perbaikan pada tiang listrik atau menara distribusi listrik menggunakan lifeline sebagai langkah keamanan.

5. Industri Konstruksi Jembatan

Pada proyek pembangunan jembatan, lifeline digunakan untuk melindungi pekerja yang melakukan pekerjaan pada ketinggian atau di atas sungai.

6. Industri Penerbangan

Pekerja di industri penerbangan yang melakukan pemeliharaan pesawat atau menangani peralatan di atas atau di sekitar pesawat sering menggunakan lifeline.

7. Pemeliharaan dan Perbaikan:

Baik di industri manufaktur, fasilitas perhotelan, atau gedung perkantoran, lifeline digunakan selama pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan di tempat-tempat yang sulit dijangkau.

8. Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran

Tim penyelamatan dan pemadam kebakaran sering menggunakan lifeline untuk memberikan akses ke area yang sulit dijangkau atau untuk memulihkan orang yang terperangkap.

https://www.polagondola.com/article/safety-lifeline-mengenal-definisi-dan-alasan-menggunakannya

https://elytra.es/en/horizontal-lifeline-systems/

https://simplifiedsafety.com/flexible-lifeline-systems/

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *