Mengenal Jenis Alat Angkat dan Angkut yang Sering Digunakan dalam Pekerjaan Industri Manufaktur

Berbagai jenis alat angkat dan alat angkut telah dibuat dan digunakan di berbagai industri untuk mempercepat dan mempermudah proses pengangkatan dan pengangkutan barang atau material secara aman dan efisien. Alat ini sangat berbagai macam bentuknya dan berbagai macam fungsi yang berbeda memungkinkan alat ini sangat dibutuhkan ketika pengerjaan di dunia industri.

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Alat Angkat dan Angkut?

Peralatan pengangkat dan pengangkutan sendiri adalah alat yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam bekerja untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya yang mencakup berbagai macam mesin seperti crane, forklift, hoist, dan personal basket, serta alat bantu yang lebih kecil seperti rantai. Peralatan ini dirancang untuk mengurangi upaya fisik yang diperlukan untuk menangani barang berat atau besar, sehingga proses kerja menjadi lebih efisien dan aman. Peralatan pengangkutan juga mencakup perangkat apa pun yang digunakan untuk mengangkat, menurunkan, atau memindahkan beban. Di berbagai bidang, seperti konstruksi, manufaktur, logistik, dan transportasi, alat-alat ini digunakan untuk menangani material yang tidak dapat diangkut dengan tangan atau secara manual.

Peralatan pengangkat juga digunakan untuk mengangkut paket dan barang dalam jumlah yang lebih besar, sehingga lebih sedikit orang dibutuhkan untuk memindahkan material. Peralatan ini sangat bermanfaat dalam proses industri, terutama dalam pemindahan barang, dan merupakan kebutuhan untuk sebagian besar proyek konstruksi.

Apa Saja Alat Angkat Dan Angkut Yang Biasa Di Gunakan Di Dunia Industri Manufaktur?

Berikut ini adalah beberapa alat yang biasa di gunakan pada dunia industri manufactur:

1. Forklift

Alat angkat industri yang paling umum adalah forklift. Forklift sangat cocok untuk mengangkat dan memindahkan barang berat di dalam pabrik atau gudang karena mereka dilengkapi dengan fork yang dapat diangkat dan diurunkan. Mereka digerakkan oleh motor listrik atau mesin bahan bakar. Untuk kapasitas muatan dari Forklift sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang digunakan pada perusahaan tersebut.

2. Crane

Alat yang satu ini sangat sering di gunakan di dunia maufaktur, crane sendiri di gunakan sesuai dengan kebutuhannya masing – masing tetapi fungsi nya yang sama yaitu memindahkan barang dari satu tempat ke tempat tertentu dengan jarak yang terbatas. Biasanya di dalam dunia manufaktur terdapat beberapa jenis crane yaitu ada Overhead crane, overhead traveling crane, jib crane dan hoist crane. Penggunaannya kembali lagi kepada kebutuhannya masing – masing.

3. Hand Pallet

Dongkrak palet ini merupakan jenis forklift yang paling dasar, digunakan untuk mengangkut muatan kecil dalam jarak pendek ke gudang atau trailer. Dongkrak palet manual dan bertenaga listrik biasanya digunakan untuk bongkar muat truk, sedangkan dongkrak palet listrik dapat digunakan untuk mengangkut muatan horizontal melalui gudang.

4. Reach truck

Forklift yang digunakan dalam ruang sempit seperti gudang disebut reach trucks. Bagian belakang reach truk ini memiliki roda dan dua kaki luar untuk membagi beban. Dengan roda di bawah operator, radius belokan yang lebih kecil memungkinkan operator menavigasi area yang lebih kecil sambil tetap dapat menjangkau rak yang lebih tinggi.

5. Trolley

Bentuk alat angkut khusus ini terlihat sederhana, seperti halnya hand pallet. Trolley sering digunakan baik di dalam maupun di luar. Alat yang satu ini biasanya digunakan dalam usaha medis dan makanan. Trolley terbuat dari bahan besi tebal dan dilengkapi dengan roda-roda yang kuat untuk menahan beban. Mereka juga memiliki dua atau tiga tingkat rak. Alat ini dapat membawa beban mulai dari 150 kilogram hingga 500 kilogram.

6. Hand Steaker

Hand stacker adalah kombinasi antara jenis truk palet dengan forklift. Alat ini cocok untuk pengerjaan warehouse karena tingginya yang rendah. Truk palet ini akan memenuhi kebutuhan pemindahan barang dengan kapasitas muatan hingga 500 kg dan tinggi angkat hingga 1000 mm. Dengan pusat beban 600 mm dan sistem hidraulik yang kuat, truk ini dilengkapi dengan perlindungan beban berlebih. Hand stacker ini dapat digunakan di area yang sempit dan lorong sempit karena radius putarnya yang kecil sebesar 1.380 mm.

7. Konveyor

Konveyor ini adalah sistem mekanis dan salah satu komponen wajib yang dapat digunakan pada perindustrian manufaktur yang berfungsi untuk memindahkan barang atau produk dari suatu mesin ke mesin yang lainnya. Sistem ini terdiri dari rangka, sabuk atau elemen bergerak lainnya dan motor atau sumber daya lain untuk menggerakkan sabuk. Ada berbagai jenis sistem konveyor, seperti konveyor sabuk, konveyor rol, konveyor rantai, konveyor sekrup, dan konveyor pneumatik, yang masing-masing dirancang untuk fungsi dan sistem tertentu

8. Lift Table

Alat mekanis yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan benda berat adalah lift table. Alat ini terdiri dari platform yang dapat dinaikkan atau diturunkan ke ketinggian yang diinginkan pengguna. Berbagai industri menggunakan meja angkat untuk menanganan material, perakitan, dan pekerjaan ergonomis. Memenuhi kebutuhan aplikasi tertentu, mereka tersedia dalam berbagai macam kapasitas pengangkatan dan pengaturan.

9. Drum Handler

Drum Handler atau yang dikenal sebagai pengangkut drum adalah peralatan penanganan material yang digunakan untuk mengangkat, memindahkan, dan memposisikan drum. Untuk memastikan pengangkatan dan pemindahan yang aman, alat ini dilengkapi dengan kemampuan mencengkeram yang kuat untuk menangani dan mengangkut drum baja atau plastik besar dengan aman. Penangan drum memiliki berbagai jenis, masing-masing dengan tujuan dan kapasitas yang berbeda. Ini termasuk gripper, tipper, penumpuk, truk drum hidraulik, dan porter drum. Perangkat ini umumnya digunakan dalam lingkungan industri untuk mempermudah pemindahan drum, meningkatkan efisiensi operasi, dan mengurangi risiko cedera yang disebabkan oleh pengoperasian manual.

Dengan berbagai jenis alat angkat dan angkut yang tersedia, pekerjaan industri menjadi lebih efisien dan produktif. Namun, penting untuk selalu mengikuti prosedur keselamatan yang ditetapkan dan melatih operator dengan baik untuk mencegah kecelakaan dan cedera dalam lingkungan kerja. Dengan menggunakan alat angkat dan angkut yang tepat, industri dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan proses produksi mereka.

https://oshwiki.osha.europa.eu/en/themes/lifting-operations-and-lifting-equipment

https://www.ptsi.co.id/lifting-and-transport-equipment-certification

https://jpteknik.com/macam-alat-angkut/

https://www.toyotaforklift.com/resource-library/blog/toyota-products/what-is-a-reach-truck#:~:text=Reach%20Trucks%20are%20forklifts%20used,create%20a%20tighter%20turn%20radius.

https://www.staplerlift.de/en/manual-hand-stacker-standard/mhs0510#:~:text=Hand%20Stacker%20STANDARD%22-,The%20manual%20hand%20stacker%20is%20a%20practical%20combination%20of%20forklift,and%20light%20vans%20particularly%20easy.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *