Hirarki Kontrol dalam K3

Dalam tahap perencanaan, standar OHSAS 18001 memiliki persyaratan untuk organisasi untuk membangun hirarki kontrol. Selama proses identifikasi bahaya k3, organisasi perlu mengidentifikasi apakah sudah ada kontrol dalam organisasi dan apakah kontrol tersebut memadai untuk identifikasi bahaya. Ketika mendefinisikan kontrol atau membuat perubahan yang sudah ada, organisasi perlu memperhitungkan hierarki kontrol/pengendalian bahaya.

NIOSH memimpin inisiatif nasional yang disebut pencegahan melalui desain untuk mencegah atau mengurangi cedera, penyakit, dan kecelakaan kerja karena masuknya pertimbangan pencegahan dalam semua desain yang berdampak pada pekerja. Berikut penjelasan Hirarki Kontrol:

Eliminasi dan penggantian, sementara yang paling efektif untuk mengurangi bahaya, juga cenderung menjadi yang paling sulit untuk menerapkan dalam proses yang sudah ada. Jika proses ini masih pada tahap desain atau pengembangan, eliminasi dan bahaya yang menggantikan dapat menjadi tidak mahal dan sederhana untuk dilaksanakan. Untuk proses yang sudah ada, perubahan besar dalam peralatan dan prosedur mungkin diperlukan untuk menghilangkan atau menggantikan bahaya

Kontrol rekayasa lebih disukai daripada peralatan perlindungan administratif dan pribadi (PPE) untuk mengendalikan eksposur pekerja yang ada di tempat kerja karena mereka dirancang untuk menghapus bahaya di sumber, sebelum terjadi kontak dengan pekerja. Kontrol rekayasa yang dirancang dengan baik dapat sangat efektif dalam melindungi pekerja dan biasanya akan independen interaksi pekerja untuk menyediakan tingkat perlindungan yang tinggi ini. Biaya awal kontrol mesin dapat lebih tinggi daripada biaya administrasi kontrol atau PPE, tetapi dalam jangka panjang, biaya operasional sering kali lebih rendah, dan dalam beberapa kasus, dapat menyediakan penghematan biaya di bidang-bidang lain dari proses tersebut.

Pengawasan administratif dan PPE sering kali digunakan dengan proses-proses yang sudah ada manakala bahaya tidak benar-benar dikendalikan dengan baik. Pengaturan administrasi dan program PPE mungkin relatif tidak mahal untuk ditetapkan tetapi, dalam jangka panjang, biayanya bisa sangat mahal. Metode melindungi para pekerja ini juga terbukti kurang efektif daripada langkah-langkah lain, yang membutuhkan upaya signifikan dari para pekerja yang terkena dampaknya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.