Contoh Laporan Triwulan P2K3

Mau perpanjang Sertifikat Ahli K3 Umum tapi stuck di laporan bulanan? Jangan sedih garuda crew.. hari ini Mimin akan kasih kamu solusinya!

FAQ

  • Apa aja sih min yang harus ada di laporan Triwulan P2K3?
  • Contohnya Laporan Triwulan P2K3 ada ga min?
  • Saya masih freshgraduate min, masuk kerja modal sertifikat AK3U di perusahaan yang ga ada orang K3nya, disuruh buat laporan bingung formatnya gimana.. Bantuin dong min..

DASAR HUKUM

Pertama-tama.. kita simak dulu yuk dasar hukum kenapa sih kita wajib banget bikin laporan P2K3 setiap 3 Bulan ini:

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 4 Tahun 1987 tentang Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) serta Tata Cara Penunjukan Ahli Keselamatan Kerja Pasal 2, menyebutkan bahwa:
Sekurang-kurangnya 3 bulan sekali pengurus wajib menyampaikan laporan tentang kegiatan P2K3 kepada Menteri melalui Kantor Departemen Tenaga Kerja setempat

Pada dasarnya, tidak ada format baku dalam penyusunan Laporan Triwulan P2K3, namun ada format yang sering di sosialisasikan dalam Pelatihan Ahli K3 Umum dan biasa digunakan Alumni untuk memproses perpanjangan SKP Ahli K3 Umumnya. Format ini telah terbukti diterima oleh dinas dan KEMNAKER RI.

Cara Mengisi Laporan P2K3

  1. Copy Pengesahan P2K3 : Siapkan pengesahan P2K3 Perusahaan Anda. Salinan dibutuhkan agar Laporan Triwulan diterima oleh Disnaker setempat.
  2. Cover Laporan Triwulan P2K3 : Buat Cover Agar Laporan Triwulan lebih rapih
  3. Kop Laporan : Pada bagian kepala laporan, isilah dengan nama perusahaan, alamat serta bagian lain yang perlu diisi.
  4. Ditujukan Kepada: Laporan P2K3 kini ditujukan kepada kepala Dinas Tenaga Kerja yang berkedudukan di Provinsi dan memiliki kantor perwakilan hanya di beberapa Kota atau Kabupaten. Contoh untuk Industri di Kabupaten Bekasi harus melaporkan laporannya ke Disnaker Provinsi Jawa Barat yang berkedudukan di Karawang.
  5. Bagian A : Data Umum Perusahaan : Tuliskan profil perusahaan Anda sesuai dengan data yang diminta.
  6. Bagian B :  Data K3 Data K3 Mencakup:
    • Data personil K3 beserta sertifikat keahlian yang masih berlaku
    • Data kelembagaan/ Organisasi selain P3K3 (Unit tanggap darurat, P3K, dll)
    • Data Alat, Sarana dan Prasarana K3 (Jenis, Jumlah dan Masa Berlaku)
    • Data Kecelaakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja
    • Data Penghargaan K3
  7. Bagian C : Data Kegiatan K3 : List program P2K3 dan Program K3 yang telah dilakukan oleh perusahaan. Data dapat dilampirkan dalam bentuk list maupun tabel. Tambahkan juga lampiran foto untuk lebih mendukung bukti pelaksanaan kegiatan.
  8. Bagian D : Hambatan : Jelaskan seluruh hambatan yang biasa dialami oleh perusahaan dalam menjalankan program kerjanya
  9. Bagian E : Saran : Tuliskan saran  yang dapat dilakukan oleh pengurus maupun Disnaker setempat yang dapat mendukung pelaksanaan program K3 di perusahaan secara lebih baik lagi.
  10. Pengesahan : Sahkan laporan Anda dengan tanda tangan Ketua P2K3 dan Sekretaris P2K3.
  11. Jilid : Setelah laporan diisi dan disahkan serta lampiran telah disusun, jadikanlah laporan P2K3 Anda terjilid dengan rapih.
  12. Penyerahan Laporan : Serahkan laporan Anda ke Disnaker setempat dengan membawa surat pengantar laporan dari perusahaan dan juga surat bukti penyerahan laporan P2K3 yang akan ditandatangani oleh penerima laporan P2K3. Surat bukti penyerahan ini yang akan menjadi dokumen mampu telusur ketika ada audit.

Contoh Laporan Triwulan P2K3

Langsung klik disini aja yaa Garuda Crew untuk lihat contoh Laporan Triwulan P2K3

Daftar Pusataka :
katigaku.top/2018/01/08/contoh-laporan-p2k3-per-3-bulan/

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.