Mengapa Alat Pemadam Kebakaran Selalu Berwarna Merah?

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengapa alat pamadam selalu berwarna merah yaa?. Alat pemadam kebakaran sangat penting untuk mencegah dan menangani kebakaran. Salah satu karakteristik yang hampir selalu terlihat pada alat pemadam kebakaran adalah warnanya. Warna merah telah menjadi identitas universal bagi pemadam kebakaran di seluruh dunia. Namun, mengapa alat pemadam kebakaran selalu berwarna merah? Apakah ada alasan historis atau pragmatis untuk memilih warna ini? Mari kita lihat lebih jauh.

Apa yang Dimaksud Dengan Alat Pemadam Api?

Alat pemadam api aadalah perangkat yang dirancang khusus untuk memadamkan atau mengendalikan kebakaran pada tahap awal sebelum kebakaran tersebut menjadi besar dan sulit dikendalikan dan bisa juga digunakan untuk memadamkan yang sudah dalam keadaan besar tetapi dengan alat alat tertentu. Alat ini sangat penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di berbagai lingkungan, mulai dari rumah tangga hingga tempat kerja dan fasilitas umum.

Apa Saja Alat Pemadam Api?

Berikut ini adalah beberapa alat pemadam api yang biasa digunakan:

1. APAR

Apar adalah alat pemadam api portabel yang mudah dibawa, cepat dan tepat digunakan untuk memulai kebakaran. Alat ini bisa dibawa, dijinjing, dan dioperasikan oleh satu orang dan manual, beratnya berkisar antara 0,5 kg hingga 16 kg.

2. APAB

Salah satu hal yang membedakan pemadam api ini dengan pemadam api ringan adalah kapasitas atau beratnya. Kapasitas APAB biasanya berkisar antara 20 kg dan 100 kg, sehingga alat pemadam ini harus dilengkapi dengan dua buah roda untuk membuatnya lebih mudah digerakkan dan dapat diakses. Akibatnya, APAB sering disebut sebagai pemadam mobil karena memiliki roda.

3. Hydrant

Hidrant adalah pipa air bertekanan tinggi yang digunakan untuk memadamkan api di gedung atau bangunan. Jika alat pemadam api ringan (APAR) tidak dapat mencegah kebakaran, sistem perlindungan kebakaran ini digunakan.

4. Sprinkle

Sprinkler adalah jenis sistem otomatis penyiraman air melalui kepala yang dipasang pada sistem perpipaan. Kepalanya terhubung ke suplai air, dan air raksa yang pecah menjadi sensor sensitif yang terhubung ke suhu panas yang dihasilkan oleh kebakaran.  Setelah suhu tertentu dicapai, setiap sprinkler diaktifkan secara terpisah. Sebagian besar penyiram air memiliki debit antara 20 dan 25 galon per menit (gpm), tergantung pada desain sistem. Sprinkler yang dimaksudkan untuk penggunaan khusus dibuat dengan debit hingga 100 gpm.

5. Fire Ball Extinguisher

Fire Extinguishing Ball adalah alat pemadam api berbentuk bola yang cukup dilemparkan ke dalam api untuk menjadi aktif dalam beberapa detik dan memadamkan api secara efektif. Ketika kebakaran terjadi dan tidak ada orang di sekitarnya, bola akan aktif secara mandiri dan mengeluarkan suara keras sebagai peringatan kebakaran. Karena fitur ini, dapat ditempatkan di tempat yang rawan kebakaran, seperti di dapur atau di atas pemutus sirkuit listrik. Mengoperasikan bola tidak membutuhkan keterampilan atau pelatihan khusus, dan tidak perlu menghadapi bahaya kebakaran.

Mengapa Pemadam Api Selalu Berwarna Merah?

Ada beberapa alasan mengapa alat pemadam kebakaran memiliki warna merah, berikut ini adalah beberapa  alasan mengapa alat pemadam kebakaran memiliki warna merah:

1. Visibilitas Maksimum

Alat pemadam kebakaran merah dipilih karena sangat mudah dilihat. Terutama dalam situasi darurat atau kegelapan, merah adalah salah satu warna yang paling jelas dan mudah dikenali. Alat pemadam kebakaran harus dapat dilihat dan diidentifikasi dengan cepat oleh petugas pemadam kebakaran atau orang-orang yang membutuhkannya saat terjadi kebakaran. Warna merah yang cerah membantu alat pemadam kebakaran menonjol di antara asap dan kekacauan.

2. Berhubungan dengan Situasi Darurat dan Risiko

Selama bertahun-tahun, warna merah telah dikaitkan dengan peringatan dan bahaya. Warna merah secara langsung memicu respons darurat dan memperingatkan orang-orang tentang keadaan yang mengancam karena itu berasal dari hubungan alaminya dengan bahan seperti darah dan api. Pilihan warna merah pada alat pemadam kebakaran memperkuat pesan penting bahwa ada bahaya yang membutuhkan tindakan cepat dan tepat.

3. Standar Industri dan Identifikasi Global

Warna merah telah menjadi standar industri yang diakui secara internasional untuk alat pemadam kebakaran. Menggunakan warna yang sama di seluruh dunia membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi alat pemadam kebakaran, terutama ketika petugas pemadam kebakaran dari berbagai negara atau wilayah bekerja sama untuk memadamkan kebakaran di tempat yang berbeda. Standarisasi warna juga mengurangi kebingungan dan mempercepat respons darurat. Masing-masing seluruh badan tabung pemadam api diberi warna yang berbeda-beda menyesuaikan dengan jenisnya. Tetapi British Standard EN3 Bagian 7, menerbitkan aturan baru yang mensyaratkan bahwa seluruh sisi badan tabung pemadam api harus berwarna merah.

Kode warna versi sebelumnya (British Standart – 5423)

Kode Warna versi terkini (BS EN3 & BS-7937)

Setiap produsen atau distributor tabung pemadam kebakaran biasanya mewarnai seluruh bagian tabung dengan warna merah dan kemudian menambahkan label merk untuk membedakan jenis tabung pemadam kebakaran. Alasannya adalah blok zona warna dapat dilihat dari sudut mana pun untuk mengidentifikasi jenis isinya, jadi beberapa hanya menempatkannya di bagian depan tabung pemadam, dan lainnya melingkari diameter tabung. Pemberian kode warna harus mengacu pada rekomendasi dari British Standard 7863. Tabung alat pemadam api, jika pemeliharaan dan perbaikannya dilakukan dengan benar, maka diperkirakan masih dapat terus digunakan hingga 20 tahun.

4. Kontras dengan Lingkungan

Warna merah kontras dengan dinding, lantai, dan furnitur. Kontras ini membuat alat pemadam kebakaran lebih mudah dilihat, terutama di tempat-tempat di mana pemasangan atau penyimpanan tidak selalu menjadi prioritas visual. Alat pemadam kebakaran dengan warna yang mencolok dapat ditemukan dengan cepat bahkan dalam pencahayaan rendah.

Kesimpulan

Warna merah pada alat pemadam kebakaran dipilih dengan teliti untuk keamanan dan efektivitas. Beberapa alasan untuk memilih warna merah termasuk visibilitas maksimum, hubungan dengan bahaya, standarisasi global, efek psikologis, dan perbedaan dengan lingkungan. Oleh karena itu, warna merah telah menjadi komponen penting dari identitas dan tugas pemadam kebakaran di seluruh dunia, berfungsi untuk melindungi nyawa dan harta benda dari kebakaran.

https://starvvo.com/mags/fire-knowledge/colour-code

https://damkar.bandaacehkota.go.id/2021/03/25/pengantar-apar-alat-pemadam-api-ringan/

https://firecek.com/apab-adalah/

https://firefix.id/pengertian-hydrant-dan-fungsinya/

https://www.elje4firesafety.com/34/74/product-sub-category/ball-fire-extinguisher.html#:~:text=Fire%20Extinguishing%20Ball%20adalah%20alat,dan%20secara%20efektif%20memadamkan%20api.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *