PELATIHAN AHLI K3 UMUM
SERTIFIKASI KEMENAKER RI

KRITERIA PESERTA

  • Freshgraduate
  • Anggota P2K3 perusahaan
  • Praktisi K3
  • Pekerja

SERTIFIKAT

  • Sertifikat Calon Ahli K3 Umum
  • SKP (Surat Keputusan Penunjukan) Ahli K3 Umum (Bagi Utusan Perusahaan)
  • Lisensi (Kartu Tanda Kewenangan) Ahli K3 Umum (Bagi Utusan Perusahaan)

INVESTASI / BIAYA

Pelatihan Tatap Muka:
Rp. 5.000.000,-/Freshgraduate
Rp. 7.000.000,-/Utusan Perusahaan

Pelatihan Online:
Rp. 4.000.000,-/Freshgraduate
Rp. 5.500.000,-/Utusan Perusahaan

*Tata Cara Pendaftaran

FASILITAS

  • Sertifikat Calon AK3U KEMNAKER RI
  • SKP dan Lisensi AK3U KEMNAKER RI (Company)
  • Training Kit (Bag, Notes, Bulpen)
  • Hardcopy Undang-Undang AK3U
  • Softcopy Modul Pelatihan
  • Softcopy Undang-Undang K3
  • Kemeja Safety Eksklusif
  • Lencana dan Pin Ahli K3 Umum
  • Voucher Pelatihan HSE Officer Development Program
  • Souvenir Eksklusif (Tumblr Safety)
  • Keanggotaan Alumni PT. Garuda Systrain Interindo Se-Indonesia (Akses Info Loker)

PERSYARATAN DOKUMEN ADMINISTRASI

  • Fotokopi Ijazah Minimal Pendidikan D3
  • Fotokopi KTP 2 Lembar
  • Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6 masing-masing 3 lembar (background merah)
  • Surat Keterangan Kerja/Surat Rekomendasi dari Perusahaan (Bagi Utusan Perusahaan)
  • Mengisi Pakta Integritas (Format Terlampir pada Persiapan Teknis AK3U)

MEDIA PENDUKUNG – ONLINE TRAINING

  • Memiliki Laptop/PC yang dapat mengoperasikan aplikasi zoom
  • Memiliki akun email google
  • Memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengoperasikan zoom meeting
  • Menginstal aplikasi time stamp dan google class room
  • Mengikuti pelatihan selama 12 hari full on-cam pada zoom meeting

Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) telah menjadi isu penting, tidak hanya dalam skala nasional, tetapi juga dalam skala internasional. Setiap perusahaan diwajibkan untuk menerapkan persyaratan K3. K3 tidak lagi hanya milik perusahaan dibidang minyak dan gas, pertambangan, proyek konstruksi dan manufaktur, tetapi sudah merambah kesemua jenis perusahaan. Profesi dibidang K3, menjadi suatu profesi yang menjanjikan hingga beberapa puluh tahun kedepan. Namun demikian, pengetahuan dibidang K3, tidaklah wajib hanya bagi karyawan bidang K3, tetapi wajib bagi seluruh karyawan.

Sertifikasi dan penunjukkan sebagai ahli K3 Umum, merupakan program pemerintah untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit didunia kerja, sehingga dapat meningkatkan kemanan bekerja, profit dan image positif bagi perusahaan.

Permenaker no. 2 tahun 1992 telah mengatur mengenai tata cara penunjukkan Ahli K3 Umum. “Setiap perusahaan yang memiliki karyawan 100 orang atau lebih, atau memiliki resiko pekerjaan yang tinggi, wajib memiliki P2K3 dan juga minimal seorang Ahli K3 Umum. “Ahli K3 adalah tenaga kerja teknik berkeahlian khusus dari luar Departemen Tenaga Kerja yang ditunjuk oleh Menteri Tenaga Kerja untuk Mengawasi ditaatinya UU Keselamatan Kerja”. Ahli K3 umum adalah kepanjangan tangan dari pemerintah dalam mengawasi pekerjaan ditempat kerjanya, agar sesuai dengan persyaratan perundang undangan yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga dapat mengurangi resiko dan insiden, baik itu kecelakaan maupun penyakit akibat kerja. Setelah lulus dari sertifikasi ini individu akan memiliki wewenang yang telah diakui secara legal untuk menjadi Ahli K3 di tempat kerjanya.

Manfaat dari sertifikasi Ahli K3 Umum telah dirasakan oleh alumni kami dalam mendapatkan pekerjaan pertamanya – seperti yang kita ketahui bahwa meningkatkan kompetensi diri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya jual individu dalam mendapatkan pekerjaan. Kenapa?

Memiliki tenaga Ahli yang telah tersertifikasi Ahli K3 Umum merupakan kewajiban dari perusahaan, dimana perusahaan yang tidak memiliki Ahli K3 wajib untuk men-training perwakilan karyawannya untuk mendapatkan sertifikasi ini. Selain biaya investasi yang tidak cukup murah, resiko kehilangan karyawan (karena resign) juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam mengeluarkan biaya untuk sertifikasi ini – sehingga dalam proses recruitment, dengan kompetensi yang sama namun memiliki perbedaan dalam hal sertifikasi, akan lebih menuntungkan jika perusahaan merekrut individu yang telah tersertifikasi Ahli K3 Umum.

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh oleh individu yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya adalah dalam menunjang promosi jabatan di perusahaan sebelumnya atau modal untuk mencari pengalaman yang lebih luas dengan jabatan yang berbeda di perusahaan baru.

Jelas bahwa, mengikuti program pembinaan Ahli K3 Umum merupakan investasi bagi setiap individu baik yang telah menjadi bagian dari Praktisi K3 (HSE Profesional) maupun bagi individu yang ingin menjadi bagian dari keluarga K3. Salah satu slogan yang sering kita dengar adalah “Safety is Everyone Responsibility” atau “Keselamatan merupakan tanggungjawab semua orang”. Slogan ini mengingatkan kita bahwa K3 merupakan kebutuhan semua orang sehingga tercapailah tujuan “Mulailah pekerjaan dengan semangat dan pulang dengan selamat.

Dengan mengikuti Pelatihan Ahli K3 Umum maka peserta diharapkan akan mengetahui tugas dan kewajibannya dalam hal melaksanakan prosedur, sistem dan proses Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerjanya sesuai dengan Peraturan dan Undang-Undang (UU) yang berlaku.

Intruktur yang akan memberikan training ahli k3 umum ini adalah instruktur Senior dari KEMNAKER dan Instruktur yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya yang sudah sering memberikan materi dalam setiap penyelenggaraan training Ahli K3 Umum.

  • Menjelaskan tugas, wewenang dan tanggung jawab Ahli K3
  • Menjelaskan hak pekerja dalam bidang K3
  • Menjelaskan kepada pengusaha bahwa upaya K3 menguntungkan bagi perusahaan
  • Menjelaskan tujuan sistem manajemen K3 (SMK3)
  • Menjelaskan tujuan sistem manajemen K3 (SMK3)
  • Menjelaskan sistem pelaporan kecelakaan
  • Menganalisa kasus kecelakaan, mengetahui faktor penyebabnya dan dapat menyiapkan laporan kecelakaan kepada pihak terkait.
  • Mengenal P2K3, tugas, tanggung jawab dan wewenang organisasi ini – Mengenal pembinaan dan pengawasan K3 di tingkat perusahaan, Nasional dan Internasional
  • Mengidentifikasi obyek pengawasan K3
  • Mengetahui persyaratan dan pemenuhan terhadap peraturan perundangan di tempat kerja.
  • Mengetahui persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja
  • Mengetahui proses audit dan ruang lingkupnya untuk mengukur tingkat pencapaian
  • Peraturan, Kebijakan k3 UU No. 1 Tahun 1970
  • Dasar-Dasar K3
  • Kelembagaan dan Keahlian K3
  • K3 Pesawat Uap
  • K3 Bejana Tekan
  • K3 Kesehatan Kerja Mekanik
  • Manajemen Resiko
  • Analisa & Statistik Kecelakaan Kerja
  • Pengawasan K3 Konstruksi Bangunan
  • Pengawasan K3 Listrik
  • Pengawasan K3 Penanggulangan Kebakaran
  • Pengawasan K3 Lingkungan Kerja & Bahan Berbahaya
  • SMK3
  • Audit SMK3
  • Pengawasan K3 Kesehatan Kerja
  • Pengawasan K3 Pelayanan Kesehatan Kerja
  • PKL
  • Ujian Akhir (tertulis)
  • Membuat Laporan
  • Ujian Akhir (presentasi)
  • 8 Hari Teori
  • 1 Hari Praktek Kunjungan Lapangan (PKL) di Perusahaan
  • 1 Hari Penyusunan Laporan PKL (Makalah dan Power Point)
  • 1 Hari Ujian Tertulis
  • 1 Hari Ujian Presentasi hasil PKL (Seminar)
  • Total = 12 Hari
  • Batch 78 : 24 Mei – 12 Juni 2021
  • Batch 79 : 31 Mei – 19 Juni 2021
  • Batch 80 : 7 – 26 Juni 2021
  • Batch 81 : 14 Juni – 3 Juli 2021
  • Batch 82 : 21 Juni – 10 Juli 2021
  • Batch 83 : 28 Juni – 17 Juli 2021
  • Batch 84 : 5 – 24 Juli 2021
  • Batch 85 : 12 – 31 Juli 2021
  • Batch 86 : 19 Juli – 7 Agustus 2021
  • Batch 87 : 26 Juli – 14 Agustus 2021
  • Batch 88 :  2 – 21 Agustus 2021
  • Batch 89 : 9 – 28 Agustus 2021
  • Batch 90 : 16 Agustus – 4 September 2021
  • Batch 91 : 23 Agustus – 11 September 2021
  • Batch 92 : 30 Agustus – 18 September 2021
  • Batch 93 : 6 – 25 September 2021
  • Batch 94 : 13 September – 2 Oktober 2021
  • Batch 95 : 20 September – 9 Oktober 2021
  • Batch 96 : 27 September – 16 Oktober 2021
  • Batch 97 : 4 – 23 Oktober 2021
  • Batch 98 : 11 – 30 Oktober 2021
  • Batch 99 : 18 Oktober – 6 September 2021
  • Batch 100 : 25 Oktober – 13 November 2021
  • Batch 101 : 1 – 20 November 2021
  • Batch 102 : 8 – 27 November 2021
  • Batch 103 : 15 November – 4 Desember 2021
  • Batch 104 : 22 November – 11 Desember 2021
  • Batch 105 : 29 November – 18 Desember 2021

*(Training Online dilaksanakan pada Aplikasi Conference (Zoom) bisa diakses via Laptop/PC, info lebih lanjut hubungi kami)
Catatan : Selama Masa Pandemi Covid-19, Training Tatap Muka masih belum bisa dilaksanakan.

TATA CARA PENDAFTARAN

  • Mengisi form online http://garudasystrain.co.id/pendaftaran/, Batas Pendaftaran H-10 Sebelum Pelaksanaan atau menyesuaikan kuota pelaksanaan (Maksimal 30 Peserta/Kelas)
  • Setelah mengisi form online peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran dari kami terkait detail info pembayaran.
  • Mengirimkan Bukti Pembayaran / Purchase Order melalui e-mail [email protected] dan Whatsapp 0811-117-221, Batas Akhir: 5 Hari Sebelum Pelaksanaan
  • Persiapkan data pribadi (copy ijasah, copy ktp, pas foto, surat rekomendasi perusahaan, pakta integritas, dst)
  • Melakukan Pembayaran di rekening (BNI Syariah) 0786360548 a.n Garuda Systrain Interindo PT.
  • Mengirimkan data persyaratan dan bukti pembayaran melalui email [email protected]
  • Kami akan memverifikasi berkas dan akan menghubungi peserta apabila ada yang kurang
  • Paket buku dan training kit akan kami siapkan untuk peserta ambil di kantor PT Garuda Systrain Interindo, Training Kit juga dapat dikirim by Sicepat dengan Ongkos Kirim Ditanggung Peserta untuk peserta kategori personal.
  • Peserta akan kami invite grup pada H-7 kegiatan untuk koordinasi lebih cepat.
  • Briefing pelaksanaan kegiatan dilakukan pada H-3 kegiatan, briefing ini bersifat wajib agar peserta mengetahui teknis pelaksanaan kegiatan dan penggunaan aplikasi online training.
  • Pelatihan berlangsung hingga ujian di lakukan secara Online.